KONTRIBUSI PROGRAM GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 21 KOTA BENGKULU

KONTRIBUSI PROGRAM GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 21 KOTA BENGKULU

Authors

  • Hemy Wardani Hemy Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Romadhona Kusuma Yudha Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Untuk mengetahui peran guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di smpn 21 kota Bengkulu. 2) Untuk mengetahui hambatan guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di smpn 21 kota Bengkulu. 3) Untuk mengatasi hambatan guru penggerak di smp 21 kota Bengkulu.

Manfaat dari penelitian ini adalah 1) Manfaat Teoritis diharapkan dapat memperbaiki hasil penelitian sebelumnya dan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan mengenai kontribusi Program Guru Mengemudi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 21 Kota Bengkulu. 2) Manfaat Praktis: Untuk pendidikan Untuk sisi pendidikan, penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dan masukan terkait Kontribusi Program Penggerak Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 21 Kota Bengkulu. Bagi peneliti materi penyusunan Tugas Akhir yang merupakan salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan, serta untuk menambah pengetahuan khusus tentang Kontribusi Program Penggerak Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 21 Kota Bengkulu.

Bagi peneliti selanjutnya, khususnya bagi mahasiswa program studi Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi penelitiannya. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: Peran guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP 21 kota Bengkulu.

Kata kunci: Kontribusi mobilisasi program guru, mobilisasi guru, pembelajaran.

                                                                                           Abstract

 

This study aims to find out: 1) To determine the role of mobilizing teachers in improving the quality of learning in junior hugh school 21 Bengkulu city.2) To find out the obstacles of driving teachers in improving the quality of learning in SMPN 21 Bengkulu city. 30 To overcome the obstacles of mobilizing teachers in junior high school 21 Bengkulu city.

The benefits of this research are 1) theoretical benefits are expected to improve the results of previous studies and can contribute to the development of science regarding the contribution of the driving teachers program in improving the quality of  learning at SMPN 21 Bengkulu city. 2) Pratical benefits: For education for the education side,this research is exetecd to be a consideration and input related to the contribution of the moblizing teachers program in improving the quality of learning at SMPN 21 Bengkulu city. For researchers of Final Project prepration materials which are one of the requirements for obtaining a Bachelor of Education degree, as well as to increase their special knowledge about the Contribution of the Mobilizing Teacher Program in Improving the Quality of Learning at SMPN 21 Bengkulu City.

Keywords: Contribution of mobilizing teacher program, mobilizing teacher, learning.

Downloads

Published

2023-12-20
Abstract viewed = 34 times