PELAKSANAAN PROGRAM PLP 2 TERHADAP KEMAMPUAN KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA PADA PRODI PPKN FKIP UMB TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.36085/jupank.v3i2.5172Abstract
Abstrak
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan
program PLP 2 terhadap kemampuan Kompetensi mengajar mahasiswa program studi PPKn
fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Adapun
cakupan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu "mendeskripsikan pelaksanaan program PLP 2
terhadap kemampuan kompetensi mengajar mahasiswa program studi PPKn fakultas
keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu". Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan Pengenalan lapangan Persekolahan
(PLP) Mahasiswa program studi pendidikan kewarganegaraan angkatan 2019 FKIP UMB.
(2) Apa Hambatan Pelaksanaan progrgram Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
Terhadap Kemampuan Mengajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Kewarganegaraan.(3)Bagaimana Solusi Untuk Mengatasi Hambatan Program Pelaksanaan
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Kemampuan Mengajar Pada Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Angkatan 2019 FKIB UMB. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian interpretif
atau penelitian lapangan, metode ini digunakan untuk mendapatkan gambaran yang jelas
mengenai objek yang akan dibahas. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini lebih
mengambil bentuk kata-kata atau gambar dari pada angka-angka, dengan menggunakan
teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa prodi PPKn yang telah mengikuti program
pengenalan lapangan Persekolahan. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh beberapa
kesimpulan berdasarkan penelitian bahwa program pelaksanaan pengalaman lapangan sangat
ada kontribusinya terhadap mahasiswa agar dapat menjadi seorang pendidik yang
profesional.
Kata kunci: pelaksanaan, program plp dan kemampuan kompentensi mengajar