ANALISIS PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PKn DI SMP N 12 LEBONG TAHUN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.36085/jupank.v4i2.5071Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Manfaat penelitian ini adalah : 1) Manfaat teorits, Dapat memberikan sudut pandang baru kepada guru terutama guru PKn dalam meningkatkan kompetensi professional guru PKn.. 2) Manfaat praktis, Bagi para guru, diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan masukan kepada guru untuk memaksimalkan kompetensi guru yang ada dan dapat menerapkannya dalam proses belajar mengajar, Bagi sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, Bagi peneliti, sebagai bahan melatih diri melakukan penelitian dan mendapat pengalaman dalam rangka memperluas wawasan pengetahuan yang berhubungan dengan peningkatkan kinerja guru professional, Bagi peneliti selanjutnya Bagi peneliti selanjutnya, peneliti ini khusudnya bagi mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan kewarganegraan, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi penelitianya. Pengumpulan data dalam dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisi Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut : 1) Bagaimana kompetensi guru PKn di SMP N 12 Lebong tahun 2022/2023, dilakukan melalui beberapa cara antara lain : a) kompetensi pedagogik, b) kompetensi kepribadian, c) kompetensi sosial, d) kompetensi profesional. 2) Apa saja faktor penghambat peningkatkan kompetensi guru PKn di SMP N 12 Lebong tahun 2022/2023, a) faktor internal : kesehatan, partisipasi guru, dan pengalaman guru. b) faktor eksternal : gaji, kemimpinan dalam arti kepala sekolah, sarana dan prasaranan. 3) Bagaimana upaya peningkatkan kompetensi guru PKn di SMP N 12 Lebong tahun 2022/2023, a) usaha pihak sekolah b) usaha guru sendiri.
Kata Kunci : Analisis Peningkatan Kompetensi, Guru Pkn