PEMBUDAYAAN KARAKTER MANDIRI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PPKn di SMP NEGERI 2 LAWANG KIDUL

Authors

  • Fani Puji Setiowati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Zulyan Zulyan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jupank.v4i2.5035

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Bagaimana karakter mandiri siswa melalui pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Lawang Kidul, Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Tahun 2023 ,2) Untuk Mengetahui Bagaimana pelaksanaan pembudayaan karakter siswa melalui pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Lawang Kidul ,Tanjung Enim Sumatera Selatan. Tahun 2023, 3) Untuk Mengetahui Apa faktor pengahambat pembudayaan karakter mandiri melalui pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Lawang Kidul , Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Tahun 2023, 4) Untuk MengetahuiBagaimana upaya faktor penghambat pembudayaan karakter mandiri melalui pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Lawang Kidul, Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Tahun 2023. 

​Metode penelitian kualitatif mengkaji bersifat partisipan dengan strategi-strategi yang bersifat interaktif dan fleksibel. Manfaat penelitian ini adalah : 1) Manfaaat teoritis untuk menjelaskan apabila teori yang digunakan masih relavan untuk penelitian penulis, relavan secara umum, atau tidak sama sekali. 2) manfaat praktis untuk bagi sekolah sebagai bahan tambahan atau refensi untuk mengembengkan pembudayaan karakter  kepada siswa agar siswa tidak salah dalam menggunakan pembudayaan yang masuk di Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagau acuan untuk terus menciptakan inovasi dan kreativitas seorang pendidik menjadi lebih baik setiap tahunnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagau acuan untuk terus menciptakan inovasi dan kreativitas seorang pendidik menjadi lebih baik setiap tahunnya. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap verifikasi data/penarikan kesimpulan.

​Pada hasil observasi 1.Penerapan pembudayaan karakter dapat dilakukan dengan berbagai strategi pengintegrasian, strategi yang dapat dilakukan adalah pengintegrasian dalam kehidupan sehari-hari dengan memberikan keteladanan atau contoh, kegiatan spontan, teguran, pegkondisian lingkungan, dan pengintegrasian 2. Pelaksanaan pembudayaan karakter di SMP Negeri 2 Lawang Kidul tidak lpas dari visi misi dan tujuan sekolah, pentingnya pembentukan karakter pada usia dini, kondisi moral/akhlak faktor penghambat ada 3 yaitu guru terlalu galak,guru yang acuh, dan guru yang sering mempermalukan/menjatuhkan. Guru SMP Negeri 2 Lawang Kidul menekankan anak didiknya untuk selalu berpikir skritis dengan terus menerus hingga membiasakan pembentukan sifat pembudayaan karakter.

Downloads

Published

2024-10-31
Abstract viewed = 18 times