Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMP Negeri 32 Bengkulu Utara

Authors

  • Annisa Nurhayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Syarkati Syarkati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jupank.v4i1.5032

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pelaksanaan kurikulum merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan di smp negeri 32 bengkulu utara, 2) peran pendidik dalam implementasi kurikulum merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan di smp negeri 32 bengkulu utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Manfaat penelitian ini adalah : 1) Manfaat Teoritis diharapkan dapat memperbaiki hasil dari penelitian-penelitian sebelumnya dan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan mengenai implementasi kurikulum merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. 2) Manfaat Praktis : Bagi pendidikan Bagi pihak pendidikan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dan masukan yang berkaitan dengan implementasi kurikulum merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan, Bagi peneliti bahan penyusunan Tugas Akhir yang merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana pendidikan, serta untuk menambah pengetahuan khsusnya tentang implementasi kurikulum merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan, Bagi peneliti selanjutnya peneliti ini khususnya bagi mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi penelitianya. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: 1) pelaksanaan kurikulum merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan di smp negeri 32 bengkulu utara antara lain : a) menciptakan suasana yang menyenangkan, b) Metode pembelajaran dalam kurikulum merdeka belajar, c) aktivitas kurikulum merdeka belajar 2) peran pendidik dalam implementasikan kurikulum merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan di smp negeri 32 bengkulu utara antara lain : a.) peran pendidik dalam mengatasi kesulitan pembelajaran b) peran guru kurikulum merdeka belajar .

Kata Kunci : Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, Meningkatkan Mutu Pendidikan

Downloads

Published

2024-07-17
Abstract viewed = 33 times