UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PPKN MELALUI KREATIVITAS GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ( STUDI KASUS DI SMK NEGERI 03 SELUMA)

Authors

  • riski julia Universitas muhammadiyah bengkulu
  • Rusnita Hainun Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  1. Upaya meningkatkan Efektifitas pembelajaran PPKn melalui Kreativitas Guru dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 03 Seluma. 2. Kendala guru PPKn dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran melalui kreativitas guru dalam kegaitan belajar mengajar di SMK Negeri 03 Seluma. Jenis penelitian ini adalah dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif karena data yang dikumpulkan umumnya berbentuk kata – kat, gambar, dan kebanyakan bukan angka – angka . berdasarkan hasil penelitian , 1. Upaya meningkatkan Efektifitas pembelajaran PPKn melalui Kreativitas Guru dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 03 Seluma merupakan pembelajaran yang secara efektif yang dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan warga Negara yang memiliki wawasan kenegaraa, rasa cinta tanah air karena generasi penerusnya,Dalam pembelajaran guru PPKn menggunakan metode ceramah,diskusi, dan Tanya jawab kepada peserta didik. 2. Kendala guru PPKn dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran melalui kreativitas guru dalam kegaitan belajar mengajar di SMK Negeri 03 Seluma adalah melarang anak untuk tidak ribut pada proses belajar mengajar,dilarang bermain handpone pada proses belajar mengajar serta guru memberikan saran untuk peserta didik dengan aktif memperhatikan materi yang disampaikan guru,begitu juga guru menguras kembali materi yang disampaikan kepada peserta didik supaya peserta didik mudah memahami dan mengerti/paham yang disampaikan atau diterangkan guru dari materi dan Memarahi anak yang masih melangar peraturan tata tertib sekolah seperti  bolos sekolah dan lain- lainnya.

 

Kata Kunci : Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran,Kreativitas Guru, Kegiatan Belajar  Mengajar

Published

2022-11-27
Abstract viewed = 69 times