UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VIII DI SMP NEGERI 50 BENGKULU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.36085/jupank.v2i2.3698Abstract
Abstrak
Penggunaan model pembelajaran yang kegeratif sangat di butuhkan dalam proses pembelajaran di sekolah rumus masalah yang di pakai adalah . Sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui apakah kualitas proses belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quis team pada mata pelajaran pkn kelas VIII di smp negeri 50 bengkulu utara mengalami peningkatan ; 2. Untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di smp negeri 50 bengkulu utara khususnya pada mata pelajaran pkn kelas VIII di smp negeri 50 bengkulu utara; 3. Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pengertian Quis team pada mata pelajaran pkn siswa kelas VIII di smp negeri 50 bengkulu utara.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif peneliti ini akan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif karena data yang di kumpulkan umumnya berbentuk kata – kata, gambar, dan kebanyak bukan angka – angka. Hasi penelitian ini teknik pengumpulan data, Wawancara, Observasi, Dokumentasi . Kesimpulannya 1. Dengan penerapan model pembelajaran Quis team dapat meningkatkan kualitas proses belajar pada mata pembelajaran pkn siswa kelas VIII SMP Negeri 50 Bengkulu Utara Kecamatan Arma Jaya senang mengikuti pembelajaran Quis team karena Quis team salah satu strategi pembelajaran aktif. 2. Prestasi belajar dengan menggunakan Quis team adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seseorang siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya. 3 . Prestasi belajar siswa melalui dengan model Quis team meningkat yaitu pembelajaran yang aktif, inovatif, efektif, dan menyenangkan.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Pembelajaran Quis Team Mata Pelajaran pkn