Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Anak Jalanan Di Griya Baca Kota Malang

Authors

  • Moh. Mul Akbar Eta Parera Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kupang
  • Masni Masni Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kupang

Abstract

Abstrak

   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Anak Jalanan Di Griya Baca Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif.dengan teknik Observasi (observation) atau pengamatan, Wawancara (interview) dan Dokumentasi.  Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dan verifikasi dan menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber.

                        Hasil penelitian menunjukan bahwa Griya Baca Kota Malang telah menerapkan pendidikan karakter bagi anak jalanan dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan, akhlak, membaca Al-Qur’an serta materi keagamaan dan juga mengembangkan bakat minat yang ada pada diri anak jalanan. Hambatan dalam menerapkan pendidikan karakter bagi anak jalanan, yaitu hambatan dari dalam dan dari luar. Hambatan dari dalam seperti kurangnya tenaga pembinaan, lokasi pembinaan sangat terbuka dan lokasi pembinaan dengan tempat tinggal anak jalanan sangat jauh, sedangkan hambatan dari luar adalah tidak adanya uang transportasi menyebabkan ketidak hadiran peserta dalam mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Solusi yang diterapkan oleh Griya Baca Kota Malang untuk mengatasi hambatan yang ada adalah dengan melakukan pengkaderan peserta anak jalanan Griya Baca yang lebih berpengelaman untuk menjadi pembimbing peserta anak jalanan lain, terkait dengan lokasi tempat tinggal peserta anak jalanan dengan tempat pembinaan sangat jauh terkadang pembina memberikan uang transportasi, dan mengganti jadwal kegiatan.

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Anak Jalanan

References

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Etika Di Sekolah. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Fitri, Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA.

Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: ASDI MAHASATYA.

Kanal. Pengertian Griya Baca (Online). https://kanal3.wordpress.com/2010/05/15/sejarah-lembaga-pemberdayaan-anak-jalanan-griya-baca-kota-malang.html.

Khoirida, M. F. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Latif, A. (2009). Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: REFIKA ADITAMA.

Nugroho, F. A. Realitas Anak Jalanan di Kota Layak Anak ( Studi Kasus Anak Jalanan di Kota Surakarta).Other Skripsi Universitas Sebelas Maret (Online) http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/viewFile/3391/2377.

Nurdin, S. (2005). Guru Profesional Dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: CIPUTAT PRESS.

Prastowo, Andi. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media

Sandi. Pengertian Anak Jalana secara Garis Besar. (Online). http://caksandi.com/pengertian-anak-jalanan-dari-para-ahli-secara-garis-besar/.

Simanjuntak, T. Perilaku Sosial Anak Jalanan. (Online) http://tiana-simanjuntak.blogspot.co.id/2011/08/makalah-isbd-perilaku-sosial-anak.html.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: REMAJA ROSDA KARYA.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA.

Usman, nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-08-19
Abstract viewed = 137 times