Membangun Sikap Toleransi Beragama dan Berkeyakinan Melalui Pengembangan Nilai Multikultural pada Siswa SMA di Kota Bengkulu

Authors

  • Khairil Khairil Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Membangun Sikap Toleransi Beragama dan Berkeyakinan Melalui Pengembangan Nilai Multikultural pada Siswa SMA di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitiannya adalah masyarakat dan pemuda. data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, data display dan verification. Keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamat dan triangulasi.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bentuk pembelajaran multikultural yang dikembangan dalam upaya membangun sikap toleransi beragama dan berkeyakinan pada siswa SMA Kota Bengkulu, yaitu dengan pembuatan RPP khusus tentang pokok bahasan pendidikan multikultural melalui mata pelajaran PKn, penetapan metode pembelajaran yang berkaitan dengan pendidikan multikultural, penetapan sistem evaluasi proses pembelajaran. Penerapan hambatan dalam pelaksanaan pendidikan multikultural melalui mata pelajaran Pkn di SMA Kota Bengkulu yaitu terdapat faktor internal dan faktor ekternal. Faktor internal mengenai sikap dalam toleransi antar umat beragama dan faktor eksternal mengenai faktor sosial dan kultur.

 

Kata Kunci: Toleransi, dan Multikultural

References

Achmad, Noer. (2001). Pluralitas Agama Kerukunan Dalam Keragaman. Jakarta: Gramedia.

Akib, Zainal. (2007). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Jakarta. Amco.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Dimyati, Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

H.A.R. Tilaar. (2001). Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta : Grasindo.

Hamalik Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Jauhar. (2011). Proses Pembelajaran Di Sekolah. Bandung : Citra Aditya Bhakti.

Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi dan Kebudayaan. Yogyakarta : Liberty.

Mulyana, Rohmat. (2004). Pendidikan Nilai. Bandung : Citra Aditya Bhakti.

Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasution, N. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Sinar Grafika.

Ramayulis. (2006). Metodologi Pendidikan. Jakarta : Kalam Mulia.

Riduan. (2008). Belajar Mudah Penelitian. Bandung : Alfa Beta.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Rosyada, Dede. (2004). Paradigma Pendidikan Nasional. Bandung : Rosda Karya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Tirtarahardja, Umar, 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Jakarta.

Usman, Uzer. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-03-04
Abstract viewed = 160 times