Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2025-10-31. Baca versi terbaru.

Analisis Popularitas Brand Sepatu Global di Indonesia pada Media Pemberitaan melalui Brand24

Penulis

  • Gandis Rasendria Sari Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.36085/joiscom.v6i2.8742

Abstrak

Latar Belakang: Dalam era digital yang semakin berkembang, eksistensi dan popularitas brand sangat dipengaruhi oleh eksposur media. Brand sepatu global seperti Adidas, Nike, Puma, Converse, Vans, dan New Balance memiliki eksistensi yang kuat di Indonesia dan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Namun, masih terdapat kesenjangan dalam penelitian mengenai bagaimana media pemberitaan membentuk popularitas brand sepatu global di Indonesia dan sejauh mana sentimen publik mempengaruhi persepsi konsumen. Tujuan: Hal tersebut mendorong pelaksanaan media monitoring, guna untuk mengetahui bagaimana media pemberitaan membentuk popularitas brand sepatu global di indonesia dan sejauh mana sentimen publik mempengaruhi persepsi konsumen. Metode: Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dan metode deskriptif kuantitatif. Data untuk penelitian ini diakumulasi dengan menggunakan analisis media monitoring melalui Brand24 dengan kata kunci  Adidas, Nike, Puma, Converse, Vans, dan New Balance dalam rentang waktu 12 Januari 2025 - 12 April 2025. Data yang dikumpulkan oleh Brand24 berasal dari Pemberitaan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nike dan Adidas merupakan brand yang paling banyak diberitakan dalam media pemberitaan, masing-masing dengan 1.396 dan 900 mentions. Selain itu, pemberitaan terhadap kedua brand tersebut didominasi oleh sentimen positif. Hasil analisis ini membuktikan bahwa eksposur media pemberitaan berkontribusi secara signifikan terhadap pembentukan persepsi positif terhadap brand di mata publik.

 Kata kunci: Media monitoring; brand24; global; sepatu; berita

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-31

Versi

Cara Mengutip

Sari, G. R. (2025). Analisis Popularitas Brand Sepatu Global di Indonesia pada Media Pemberitaan melalui Brand24. JOISCOM (Journal of Islamic Communication), 6(2), 28–36. https://doi.org/10.36085/joiscom.v6i2.8742
Abstrak viewed = 0 times