KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Siti Misbah Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/joiscom.v2i1.1542

Abstrak

Abstrak
Dalam dunia dakwah kita akan dihadapkan dengan berbagai persoalan yang menjadi misi dakwah yang harus
diselesaikan, khususnya misi dalam meningkatkan pemahaman akan agama islam pada khalayak umum
terkhusus anak muda zaman sekarang yang akan menjadi tombak keberhasilan peradaban islam masa
mendatang, dengan memberikan pemahaman dari hal yang paling sederhana namun sangat penting
keberadaannya yakni adab hingga pengaplikasian ajaran islam tersebut kedalam kehidupan sehari-hari. Oleh
karena itu kita membutuhkan komunikasi yang tepat dan persuasif agar apa yang disampaikan kepada (Mad’u)
tidak hanya sebatas mendengar saja, melainkan menjadi karakter dan kebiasaan yang diharapkan dapat terus
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan bermasyarakat. Tulisan dengan Metode library
reserch ini mengungkapkan bagaimana besarnya pengaruh komunikasi persuasif yang dilakukan (Da’i) untuk
menyelesaikan permasalahan-permasalahan dakwah dengan cara menyentuh hati (mad’u) sebagai sasaran objek
dakwah itu sendiri, karena Revolusi akhlak itu yang pertama, dimulai dari membangun sikap dan mental yang
dimulai dari diri sendiri. Kemudian melakukan Pembiasaan-Pembiasaan dan dari situlah kita dapat dilihat dan
diteladani. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa komunikasi persuasif dapat berpengaruh besar
terhadap perubahan pola prilaku, dan juga mampu menyadarkan (mad’u) akan pemahaman Agama Islam yang
penting, sehingga terciplah masyarakat yang tidak hanya memiliki pemahaman Agama yang tinggi juga
memiliki Adab dalam bermasyarakat, karena di zaman sekarang berapa banyak orang yang berilmu namun
sedikit sekali yang beradab. Dalam komunikasi persuasif perlu diperhatikannya fiqhud dakwah yang dilakukan
yaitu Dakwah Fardiyah, Dakwah Ammah, Dakwah Bil-Lisan, Dakwah Bil-Hal, Dakwah Bit-Tadwin, Dakwah
Bil-Hikmah.
Kata kunci: Agama; Dakwah; Fiqhud dakwah; Komunikasi; Masyarakat; Persuasif; Strategi

Diterbitkan

2021-04-01

Cara Mengutip

Misbah, S. (2021). KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM. JOISCOM (Journal of Islamic Communication), 2(1). https://doi.org/10.36085/joiscom.v2i1.1542
Abstrak viewed = 100 times