KONVERGENSI HARIAN BENGKULU EKSPRESS DI ERA DIGITAL

Penulis

  • Iyud Dwi Mursito Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Bengkulu
  • Rafinita Aditia Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/joiscom.v2i1.1540

Abstrak

ABSTRAK
Era digital telah berhasil masuk ke dalam seluruh lini kehidupan, tidak terkecuali pada lingkup penggunaan
media, salah satunya pada media konvensional. Hal ini menyebabkan terjadinya pergeseran pola komunikasi
dari media konvensional ke media digital sehingga menyebabkan perlu adanya konvergensi media. Adapun
tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana konvergensi media yang terjadi pada harian
Bengkulu Ekspress di Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan
studi kasus instrumental tunggal. Data yang digunakan diperoleh berdasarkan hasil wawancara bersama
narasumber,buku, artikel, serta literatur terkait lainnya. Konsep yang digunakan ialah konsep konvergensi media
oleh Veglis dan Siapera. Hasil penelitian yang diperoleh ialah bahwa Harian Bengkulu Ekspress menggunakan
empat jenis konvergensi media yang saling berkaitan, diantaranya: a) konvergensi teknologi melalui pengelolaan
media online (www.bengkuluekspress.com) serta hadir pada sosial media seperti Instagram, youtube, twitter
serta facebook; b) konvergensi bisnis, yang membuka hubungan luas tanpa batas di Internet sehingga
meningkatkan jumlah mitra bisnis (pengiklan) tidak hanya dari Bengkulu saja; c) konvergensi profesional
dengan mendidik dan menyediakan SDM yang handal dan mampu memproduksi serta mendistribusikan
berbagai jenis konten yang dibutuhkan sesuai dengan platformnya; serta d) konvergensi konten yang
mengkombinasikan bentuk tulisan, foto serta video.
Kata Kunci : Harian Bengkulu Ekspress, konvergensi media, media konvensional, digital

Diterbitkan

2021-04-01

Cara Mengutip

Mursito, I. D., & Aditia, R. (2021). KONVERGENSI HARIAN BENGKULU EKSPRESS DI ERA DIGITAL. JOISCOM (Journal of Islamic Communication), 2(1). https://doi.org/10.36085/joiscom.v2i1.1540
Abstrak viewed = 174 times