THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING, PRODUCT QUALITY AND INFLUENCER MARKETING THROUGH CUSTOMER TRUST ON THE ORIGINOTE SKINCARE PURCHASE DECISION IN JEPARA
DOI:
https://doi.org/10.36085/jamekis.v8i3.9089Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi dampak Pemasaran Digital, Kualitas Produk, dan Pemasaran Influencer terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit The Originote di Jepara, yang dimediasi oleh Kepercayaan Pelanggan. Metode pengambilan sampel non-probabilitas purposif digunakan, dengan 260 responden dipilih berdasarkan pengalaman mereka sebelumnya dalam membeli dan menggunakan produk The Originote. Metode kuantitatif diadopsi, kuesioner terstruktur berfungsi sebagai instrumen untuk memperoleh data. PLS-SEM versi 4.0 digunakan sebagai alat analisis dalam penelitian ini yang menggabungkan penilaian model luar dan dalam untuk menguji validitas dan reliabilitas, di samping pengujian hipotesis untuk efek langsung dan tidak langsung.
Temuan menunjukkan bahwa Pemasaran Digital, Kualitas Produk, Pemasaran Influencer, dan Kepercayaan Pelanggan secara signifikan dan positif memengaruhi Keputusan Pembelian konsumen terkait Perawatan Kulit The Originote di Jepara. Selain itu, Pemasaran Digital, Kualitas Produk, dan Pemasaran Influencer terbukti memiliki efek positif yang nyata dalam membangun Kepercayaan Pelanggan terhadap Perawatan Kulit The Originote di Jepara. Selain itu, ketiga variabel Pemasaran Digital, Kualitas Produk, dan Pemasaran Influencer juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian secara tidak langsung melalui Kepercayaan Pelanggan di Jepara.
Referensi
Ababil, R. (2019). Analisis Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Merek Senduro Coffee.
Al-Azzam, A. F., & Al-Mizeed, K. (2021). The effect of digital marketing on purchasing decisions: A case study in Jordan. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(5), 455-463. DOI: https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no5.0455
Aminnudin, M., Sofwan, A., & Sarimaryoni, H. (2025). Increase Customer Loyalty Through Service Quality, And Trust . Jurnal Bina Bangsa EkonomIka, 18(1), 1293-1304. Https://Doi.Org/10.46306/Jbbe.V18i1.863
Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban,2(1),40-47. https://journal-stiehidayatullah.ac.id/inde.x.php/tadbir/article/view/102
Azizah, R. N. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Produk terhadap minat beli ulang produk skincare the originote melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.
Bachri, S., Putra, S. M., Farid, E. S., & Darman. (2023). The Digital Marketing To Influence Customer Satisfaction Mediated By Purchase Decision. Jurnal AplIkasi Manajemen.
Boonlertvanich, K. (2019). Service Quality, Satisfaction, Trust, and Loyalty: TheModerating Role of Main-Bank and Wealth Status. International Journal of BankMarketing, 37(1), 278–302. https://doi.org/10.1108/IJBM-02-2018-0021
Darmawan, A. T., & Setiawan, M. B. (2024). Pengaruh Influencer Marketing, Electronic Word Of Mouth Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembelian Produk Erigo Di Kota Semarang). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(1), 778-789.
Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM: Melihat Peluang Bisnis UMKM di Era Digital di Desa Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset PendidIkan, 2(1), 291–298.
Haron, R., Abdul Subar, N., & Ibrahim, K. (2020). Service quality of Islamic banks: satisfaction, loyalty and the mediating role of trust. Islamic Economic Studies, 28(1), 3–23. https://doi.org/10.1108/ies-12-2019-0041
Hubbina, R., Mutia, A., & Putriana, M. (2023). Pengaruh digital marketing, desain produk, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (studi pada distro kedai oblong Jambi). Journal of Student Research, 1(5), 459–475.
Ika, G. D. (2025). Pengaruh Kualitas Influencer Marketing Dan Customer Experience Di Marketplace Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik The Originote. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.
Irawanti, G. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Experience Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk KecantIkan. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(2), 182–192
Islam, T., Islam, R., Pitafi, A. H., Xiaobei, L., Rehmani, M., Irfan, M., &Mubarak, M. S. (2021). The impact of corporate social responsibility on customer loyalty: Themediating role of corporate reputation, customer satisfaction, and trust. SustainableProduction and Consumption, 25, 123–135. https://doi.org/10.1016/j.spc.2020.07.019
Lasfiana, E. (2023). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Tiktok Shop. Universitas Bina Darma.
Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian (studi pada Elzatta Hijab Garut). Prismakom, 18(1), 33-38.
Lestari, D. F., & Nur Azizah, J. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-commerce Shopee di Kota Cilegon. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 6(1), 8. https://scholarhub.ui.ac.id/jabt/vol6/iss1/8/
Lou, C., & Yuan, S. (2019a). Influencer Marketing: How Message Value and Credibility Affect Consumer Trust of Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58–73. https://doi.org/10.1080/15252019.2018.1533501
Misbakhudin, A., & Komaryatin, N. (2023). Content Marketing, Live Streaming, And Online Customer Reviews On Fashion Product Purchase Decisions. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(2), 293-307. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v12i2.1572
Naini, N. F., Santoso, S., Andriani, T. S., Claudia, U. G., & Nurfadillah, N. (2022). The effect of product quality, service quality, customer satisfaction on customer loyalty. Journal of consumer sciences, 7(1), 34-50. DOI: https://doi.org/10.29244/jcs.7.1.34-50
Nasir, T. M. B., Priyono, A. A., & Sholehuddin, S. (2023). Pengaruh Iklan Sosial Media, Influencer Marketing, dan Electronic Word-of-Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk KecantIkan Avoskin (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(01).
Novandalina, A., & Arifin, S. (2025). The Impact Of Content Marketing And Costumer Reviews On Online Purchase Decisions Among Gen Z In Tokopedia. Journal of Advanced Studies in Management, 1-7
Pradisti, L., Roosdhani, M. R., Komariyatin, N., & Huda, N. (2024). How Social Media Marketing Activities Affect Purchase Intentions And Decisions. Journal of Advanced Studies In Management, 67-75
Prananda Putri, J. N., Listyorini, S., & Budiatmo, A. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Pond’S Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(3).
Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36.
Rifqy Roosdhani, M. ., Arifin, S., Komaryatin, N. ., Ali, A., Huda, N. ., Khoiruddin, M. ., & Loing, C. . (2025). Social Media Marketing Activities in Enhancing Brand Image and Driving Consumer Purchase Decisions in the Fashion Industry . International Journal of Economics, Management and Accounting (IJEMA), 2(11), 917–926. https://doi.org/10.47353/ijema.v2i11.244
Risnawati, R., Wonua, A. R., & Astaginy, N. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Pengetahuan Produk Terhadap KEPUTUSAN Pembelian Produk KecantIkan. Student Scientific Creativity Journal, 1(6), 15–28.
RR Rhadiana TBP, Y. W. (2025). Pengaruh Digital Marketing, Live Streaming, Influancer, Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Decision Di Tiktokshop Produk Skintific. Journal of Management & Business, 155-179.
Safatulloh, E. P., & Wiratama, D. (2025). Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Bina Bangsa EkonomIka, 18(1), 1139–1151.
Shinta Dwi Cahya Prameswari, J. P. (2024). Profesionalisme streamer, flash sale, dan kualitas produk terhadap pembelian impulsif produk somethinc
Susanti, N., & Jasmani, J. (2020). The Influence of Product Quality and Service Quality on Customer Satisfaction at Mitra 10 in Depok. Jurnal Office, 5(2), 75–84.
Syaifuddin, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Elco Indonesia Sejahtera. Jurnal InformatIka Ekonomi Bisnis, 240–245.
Taufik, A., Santoso, S., Fahmi, M. I., Restuanto, F., & Yamin, S. (2022). The Role of Service and Product Quality on Customer Loyalty. Journal of Consumer Sciences, 7(1), 68–82
Tsania MutamassIkah Biddin Nasir, A. A. (2022). Pengaruh Iklan Sosial Media, Influencer Marketing, dan Electronic Word-of-Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk KecantIkan Avoskin. e - jurnal riset manajemen.
Verli Putri Oktaviani, R. P. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap keputusan pembelian dengan costumer trust sebagai variabel mediasi. Journal of Innovation Research and Knowledge
Wiyata, M. T., Putri, E. P., & Gunawan, C. (2020). Pengaruh Customer Experience, Ease of Use, dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli Online Shopee. Cakrawala Repositori IMWI, 3(1), 11-21.