THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING AND SERVICE QUALITY ON TRAINING PURCHASE DECISIONS AT EKKLESIA COMPUTER

Penulis

  • Tri Suris Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Oemathonis Kupang
  • Christiana Wahyuningrum Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Oemathonis Kupang

DOI:

https://doi.org/10.36085/jamekis.v8i3.9076

Abstrak

Persaingan dalam industri pelatihan komputer semakin ketat, sehingga lembaga dituntut untuk menarik peserta melalui strategi pemasaran yang tepat dan layanan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pelatihan di Ekklesia Komputer. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner terstruktur kepada 100 responden yang dipilih berdasarkan rumus Slovin. Instrumen penelitian disusun menggunakan skala Likert 1–6, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 4, yang mencakup pengujian model pengukuran (outer model) dan model struktural (inner model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pelatihan, sehingga hipotesis pertama ditolak. Sebaliknya, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sehingga hipotesis kedua diterima. Temuan ini menegaskan bahwa faktor utama yang mendorong peserta memilih pelatihan di Ekklesia Komputer lebih ditentukan oleh kualitas layanan, yang mencakup dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles, dibandingkan dengan aktivitas digital marketing.

Referensi

Antczak, B. (2024). the Influence of Digital Marketing and Social Media Marketing on Consumer Buying I Marketingu W Mediach Społecznościowych Na. Journal of Modern Science, 310–335.

Assidiq, A. M., Oktaviani, D., & Sandhi, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Layanan, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Telemedicine. Syntax Idea, 4(2), 240–258. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v4i2.1772

Ayu, T. R. (2024). The Influence of Service Quality and Brand image on Purchasing Decisions at Optik Kurnia, Taman Walet Branch in Tangerang Regency. Journal of Industrial Engineering & Management, 6(4), 41–49.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design : Qualitative, Quantitative, and A Mixed-Method Approach. In SAGE Publication. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3

Daeli, S., Giyartiningrum, E., & Suji’ah, U. (2024). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Yogyakarta. Journal Competency of Business, 8(1), 195–214. https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2527

Danil Syah, M., Ali, H., & Asif Khan, M. (2024). Determinasi Minat Beli dan Keputusan Pembelian: Analisis Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan pada Kedai Kopi Flos Cibitung. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital, 2(3), 273–285. https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3.211

Fadhli, K. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di CV. Ifastore. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 2024. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/12162/4707

Hafid, A. N. (2024). Revolusi Branding Lembaga Pendidikan Melalui Optimalisasi Marketing Mix di Era Digital. Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 20(2), 4–6.

Hair, J. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM).

Hair Jr., J. F., Anderson, R. E., Babin, B. J., & Black, W. C. (2019). Multivariate Data Analysis, Multivariate Data Analysis. In Book (Vol 87, Number 4).

Hasrullah, H., Anggerwati, A. I., & Hasan, H. (2025). Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Economics and Digital Business Review, 5(1), 384–390. https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/1046

Kotler & Armstrong. (2018). Principles of Marketing. In New York: Pearson International.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Ed). Pearson Education, Inc.

Mubarok, Sari, Wibowo, M. (2025). Comparative Study of Artificial Intelligence (AI) Utilization in Digital Marketing Strategies Between Developed and Developing Countries: A Systematic Literature Review. Ilomata International Journal of Management, 6(1), 156–173. https://doi.org/10.61194/ijjm.v6i1.1534

Nurul Sriminarti. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital, Kualitas Layanan Elektronik dan Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Aplikasi OVO. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 1(2), 128–140. https://doi.org/10.62951/prosemnasipi.v1i2.37

Parasuraman, A., Zaithaml, V. A., & L., A. B. L. (1988). SERVQUAL : A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Jurnal Of Retailing, 64(1), 12–35.

Sharabati, A. A. A., Ali, A. A. A., Allahham, M. I., Hussein, A. A., Alheet, A. F., & Mohammad, A. S. (2024). The Impact of Digital Marketing on the Performance of SMEs: An Analytical Study in Light of Modern Digital Transformations. Sustainability (Switzerland), 16(19), 1–25. https://doi.org/10.3390/su16198667

Soedargo, B. P., & Pratama, R. Z. (2024). Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Transportasi Online Maxim Di Kota Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 4(3), 413–424. https://doi.org/10.37641/jabkes.v4i3.2783

Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif (3rd ed). Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Tuhumena, M. Y. J., Soeprajitno, E. D., & Kurniawan, R. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Onde-Onde Bu Susi. Jurnal Simposium Manajemen dan Bisnis III, 3, 910–918.

Wahyuni, D. U., & Lestari, M. (2024). Kepuasan Konsumen sebagai Mediasi Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Online dalam Keputusan Pembelian Pengguna Produk Shopee di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi, 17(2), 52–62.

Wibowo, K. A., Luk, C. ita, & Dian W, O. A. (2024). Pengaruh Digital Marketing, E-WOM (Electronic Word of Mouth) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bentani Hotel & Residence Cirebon. eCo-Fin, 6(3), 608–622. https://doi.org/10.32877/ef.v6i3.1652

Yani, Y. A., Rimbano, D., & Famalika, A. (2025). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Selangit dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Moderasi. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(1), 59–77. https://doi.org/10.71153/jimmi.v2i1.218

Diterbitkan

2025-09-30
Abstrak viewed = 0 times