FOMO and FOBO in Academic Life: A Thematic Analysis of Student Experiences Using the Grounded Theory Approach
DOI:
https://doi.org/10.36085/jamekis.v8i3.8954Abstrak
Fenomena FOMO (Fear of Missing Out) dan FOBO (Fear of Better Options) semakin meningkat di kalangan siswa sebagai akibat dari penggunaan media sosial dan tuntutan untuk bersaing di kampus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengalaman mahasiswa saat menghadapi FOMO dan FOBO, serta bagaimana hal ini berdampak pada prestasi akademik mereka.
Penelitian kualitatif ini dilakukan melalui wawancara mendalam dengan 15 siswa S1 dari berbagai disiplin ilmu, pendekatan Grounded Theory. Data dianalisis secara tematik untuk menemukan pola dan konstruksi teori yang bergantung pada pengalaman partisipan.
FOMO dan FOBO memicu kecemasan, prokrastinasi, dan ketidakpuasan akademik, serta mendorong upaya pengembangan diri. Tiga tema utama juga diidentifikasi: (1) Tekanan Sosial dan Akademik; (2) Paralisis Pengambilan Keputusan; dan (3) Strategi Adaptasi.
FOMO dan FOBO adalah fenomena kontroversial yang memengaruhi kehidupan akademik mahasiswa. Untuk mengurangi efek negatifnya, penelitian ini menyarankan intervensi berbasis literasi digital dan konseling akademik.
Key words: FOMO, FOBO, prestasi akademik
Referensi
Dhir, A., Yossatorn, Y., Kaur, P., & Chen, G. M. (2018). Fear of Missing Out and Social Media: A Review of the Literature. Computers in Human Behavior, 88, 1-10. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.06.002
Elhai, J. D., Dvorak, R. D., Levine, J. C., & Hall, B. J. (2020). Fear of Missing Out, Sleep Problems, and Psychiatric Symptoms Among Young Adults. Psychiatry Research, 290, 113119. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113119
Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Fear of Missing Out: A Common Psychological Phenomenon. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841-1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014
Schwartz, B. (2004). The Paradox of Choice: Why More Is Less. HarperCollins.
Steel, P. (2007). The Procrastination Equation: How to Stop Putting Things Off and Start Getting Things Done. Psychological Bulletin, 133(1), 1-28. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.1
Topping, K. J., Buchs, C., Duran, D., & Van Keer, H. (2020). Effective Peer Learning: From Principles to Practical Implementation. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429430660
Wang, J. L., Wang, H. Z., & Wang, Y. (2020). The Relationship Between Social Media Use and Academic Performance: A Meta-Analysis. Computers & Education, 148, 103798. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103798


