PENGARUH PERUBAHAN STRUKTUR ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PHE JAMBI MERANG MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Penulis

  • Rama Setia Whardana Tridinanti University
  • Tri Suyantiningsih Tridinanti University
  • Sari Sakarina Tridinanti University

DOI:

https://doi.org/10.36085/jamekis.v8i2.8566

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan Pengaruh Perubahan Struktur Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja karyawan PHE Jambi Merang melalui Motivasi sebagai Variabel Intervening, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PHE Jambi Merang yang berjumlah 104 karyawan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode simple random sampling. Perhitungan dari jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan perhitungan sampel yang didasarkan atas kesalahan 10%. Analisis data yang digunakan penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan melalui program Partial Least Square (PLS) versi 4.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Hipotesis pertama Struktur Organisasi (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi (Y) karyawan  PHE Jambi Merang (β = 0.899, t = 8.057, p = 0.000). Hipotesis kedua Budaya Organisasi (X2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi (Y) karyawan PHE Jambi Merang (β = 0.021, t = 0.167, p = 0.868). Hipotesis ketiga pengaruh langsung Struktur Organisasi (X1) terhadap Kepuasan Kerja (Z) karyawan PHE Jambi Merang tidak signifikan (β = 0.141, t = 0.798, p = 0.425). Hipotesis keempat Budaya Organisasi (X2) memiliki pengaruh yang relatif lebih kuat terhadap Kepuasan Kerja (Z) karyawan PHE Jambi Merang (β = 0.227, t = 1.721, p = 0.085), meskipun masih berada di ambang batas signifikansi. Hipotesis kelima Motivasi (Y) terbukti sebagai faktor utama yang mempengaruhi Kepuasan Kerja (Z) karyawan PHE Jambi Merang (β = 0.590, t = 4.076, p = 0.000), Analisis efek tidak langsung menunjukkan bahwa Motivasi (Y) berperan sebagai mediator dalam hubungan antara Struktur Organisasi (X1) dan Kepuasan Kerja (Z) (β = 0.530, t = 3.566, p = 0.000), sedangkan Budaya Organisasi (X2) tidak menunjukkan pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap Kepuasan Kerja (Z) (β = 0.013, t = 0.167, p = 0.867). Temuan ini menggarisbawahi bahwa Motivasi (Y) merupakan variabel kunci dalam meningkatkan Kepuasan Kerja (Z), dan kebijakan perusahaan perlu difokuskan pada faktor-faktor yang mendorong motivasi karyawan.

Kata Kunci: Struktur Organisasi, Budaya Organisasi, Motivasi, Kepuasan Kerja, PLS-SEM

Referensi

Arianty, N. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. 14(c), 1–43.

Arini, E., Ramadani, M., & Finthariasari, M. (2022). Pengaruh Servant Leadership dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel Santika Bengkulu. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomian Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 5(2), 1–12. https://jurnal.umb.ac.id/index.php/jamekis/article/view/3518/3071

Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Alfabeta.

Finthariasari, M., Handayani, S., & Prawitasari, A. (2023). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan PT. Indomaco Adi Prima Kota Bengkulu. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 6(1), 115–129. https://doi.org/https://doi.org/10.36085/jam-ekis FAKTOR-FAKTOR

Finthariasari, M., & Saputri, D. D. (2020). Analisis Minat, Motivasi, Pekerjaan Yang Diharapkan, & Lingkungan Belajar Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program S1 Fakultas Ekonomi (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Di Perguruan Tinggi Kota Bengkulu). Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(2), 192–202. https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/view/21

Finthariasari, M., & Septiani, Y. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Buday Organisasi dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Karyawan Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kota Bengkulu. ESCAF.

Nurillah, R. A., Supeni, R. E., Izzuddin, A., & Finthariasari, M. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Komunikasi Interpersonal, dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor DP3AKB Kabupaten Jember. Jurnal Akuntansi , Manajemen Dan Ekoni, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36085/jam-ekis

Orbandi, H., Indriasari, N., Anggraini, I., & Finthariasari, M. (2021). Hubungan Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (Jam-Ekis), 4(2), 315–325.

Qomariah, N. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Aplikasi dan Studi Empiris). CV. Pustaka Abadi.

Robbins, S. P., & Judge, T. (2015). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Saputra, E. F., Finthariasari, M., & Bustami, T. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2), 99–105. www.jurnal.umb.ac.id

Schein, E. H. (2010). Organizational Culture and Leadership. Jossey Bass.

Setyawan, T. B., Ekowati, S., Ratnawili, & Yulinda, A. T. (2021). Pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Daerah Argamakmur Bengkulu Utara. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 2(2), 447–455.

Suhardi. (2018). Buku Pengantar Manajemen. Gava Media.

Syahlani, A., Setyorini, D., & Finthariasari, M. (2022). Hubungan Kompensasi Dengan Kepuasan Kerja. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 5(2), 153–162.

Diterbitkan

2025-05-31
Abstrak viewed = 0 times