KARTU KREDIT VS PAY LATER: PERAN LITERASI KEUANGAN DALAM MEMBAYAR PEMESANAN KAMAR HOTEL
DOI:
https://doi.org/10.36085/jamekis.v8i2.8072Abstrak
Perkembangan keuangan digital telah menghadirkan inovasi pembayaran seperti paylater, yang menjadi alternatif kartu kredit sebagai metode transaksi kredit. Salah satu sektor yang menawarkan kedua metode ini adalah pemesanan kamar hotel melalui online travel agent (OTA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode pembayaran antara paylater dan kartu kredit, yaitu literasi keuangan, literasi digital, dan karakteristik hotel. Dengan metode regresi linear berganda, penelitian dilakukan pada masyarakat di Jawa Barat dan DKI Jakarta yang memiliki akun paylater dan kartu kredit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan literasi digital berpengaruh signifikan terhadap pilihan pembayaran. Paylater mencerminkan inovasi keuangan digital era 4.0, sementara kartu kredit tetap relevan dalam ekosistem keuangan digital yang terus berkembang.
Referensi
Abdulah, M. F., & Wahyuni, I. I. (2022). Grand Tryas Hotel Cirebon’s Effective Marketing Communication Strategy In The Staycation Program Strategi Komunikasi Pemasaran Efektif Grand Tryas Hotel Cirebon Pada Program Staycation. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(6), 3368–3377. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v3i6.1137
Acharjya, B. (2018). Review on the Theories of Financial Planning. International Journal of Pure and Applied Mathematics, 118(18), 4347–4355.
Alamsyah, S. (2022, December 26). 380 Karyawan Hotel Grand Inna Bali Beach Kena PHK Sepihak. Https://Www.Detik.Com/Bali/Bisnis/d-6198580/380-Karyawan-Hotel-Grand-Inna-Bali-Beach-Kena-Phk-Sepihak.
Andiani, D. A. P., & Maria, R. (2023). Pengaruh Financial Technology dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi, 9(2), 3468–3475.
Aulianisa, S. S. (2020). Konsep dan Perbandingan Buy Now, Pay Later dengan Kredit Perbankan di Indonesia: Sebuah Keniscayaan di Era Digital dan Teknologi. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 9(2), 183. https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v9i2.444
Chatibura, D. M. (2023). A hedonic analysis of the determinants of hotel room rates in the Greater Gaborone Region (Botswana) using quantile regression. International Hospitality Review. https://doi.org/10.1108/IHR-02-2023-0012
Elsyanada, M., Ridwan Basalamah, M., & Normaladewi, A. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Kemudahan Akses Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Persepsi Konsumen (Studi Pada Pelanggan Online Travel Agent Tiket.Com). E-Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 11(4), 54–64. www.fe.unisma.ac.id
Finthariasari, M., Febriansyah, E., & Pramadeka, K. (2020). Corporate Social Responsibility Disclosure: A Determinant Analysis (Case Study Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange). International Journal of Trends in Accounting Research, 1(1), 022-036
Gao, G. X., & Bi, J. W. (2021). Hotel booking through online travel agency: Optimal Stackelberg strategies under customer-centric payment service. Annals of Tourism Research, 86. https://doi.org/10.1016/j.annals.2020.103074
Indrajaya, N. (2023, February 19). Wagub Bali Soal Banyak Hotel Dijual: Banyak yang Terlilit Utang. Https://Travel.Detik.Com/Travel-News/d-6577286/Wagub-Bali-Soal-Banyak-Hotel-Dijual-Banyak-Yang-Terlilit-Utang.
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. (2024, November 7). Legislator Ingatkan Pemerintah, Tidak Jadi Macan Ompong dalam Berantas Pinjol dan Judi Online. Https://Jdih.Dpr.Go.Id/Berita/Detail/Id/52383/t/Javascript;
Jasinskas, E., Streimikiene, D., Svagzdiene, B., & Simanavicius, A. (2016). Impact of hotel service quality on the loyalty of customers. Economic Research-Ekonomska Istrazivanja , 29(1), 559–572. https://doi.org/10.1080/1331677X.2016.1177465
Junaidi, A., & Zs, N. Y. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Debt Covenant Dan Profitabilitas Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 3(1), 31-44
Katadata Media Network. (2023). Ini 10 Provinsi dengan Nasabah Pinjol Terbanyak pada Agustus 2022. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/10/03/ Ini-10-Provinsi-Dengan-Nasabah-Pinjol-Terbanyak-Pada-Agustus-2022.
Marcotty-Dehm, N., & Trütsch, T. (2021). Financial Literacy and Payment Behaviour: Evidence from Payment Diary Survey Data.
Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76-85
Nabillah, A. (2019). Determinan Faktor Pembentuk Preferensi Konsumen dan Implementasi Financial Technology Pada Gopay di Indonesia. Universitas Telkom.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Octaviani, V. A., & Susiana, S. (2022). Strategi Pengembangan Financial Literacy pada Anggota Credit Union Keling Kumang Branch Office Kelam. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 20(1). https://doi.org/10.51826/fokus.v20i1.584
Otoritas Jasa Keuangan. (2025). Edukasi Keuangan. Https://Ojk.Go.Id/Id/Kanal/Edukasi-Dan-Perlindungan-Konsumen/Pages/Literasi-Keuangan.Aspx.
Pangaribowo, W. S. (2022, September 14). Ratusan Karyawan Hotel Ibis dan Malioboro Mall Di-PHK, Manajemen Baru Angkat Bicara. Https://Yogyakarta.Kompas.Com/Read/2022/09/14/171003678/Ratusan-Karyawan-Hotel-Ibis-Dan-Malioboro-Mall-Di-Phk-Manajemen-Baru?Page=all.
Pradini, K. T., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Penggunaan Mobile Banking BCA, BNI, BRI. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 859. https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i10.p04
Pratika, Y., Salahudin, S., Riyanto, D. W. U., & Ambarwati, T. (2021). Analysis of Pay Later Payment System on Online Shopping in Indonesia. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 23(3), 329–339. https://doi.org/10.14414/jebav.v23i3.2343
Puteri, A. M., Inanda, I., Prasetio, R. B., & Sanjaya, R. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Literasi Digital terhadap Preferensi Bank Bank Digital di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 16–25.
Rahman, M., Isa, C. R., Masud, M. M., Sarker, M., & Chowdhury, N. T. (2021). The role of financial behaviour, financial literacy, and financial stress in explaining the financial well-being of B40 group in Malaysia. Future Business Journal, 7(1), 52. https://doi.org/10.1186/s43093-021-00099-0
Rahyana, M., & Abrianto, H. (2024). Pengaruh Literasi Digital, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Dalam Menggunakan QRIS. Prosiding Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen, 1–7.
Shah, S., & Bhatt, A. (2024). Understanding practices of Personal Financial Planning (PFP) (PT0083). http://ssrn.com/abstract=2813478Electroniccopyavailableat:https://ssrn.com/abstract=2813478
Soler, I. P., Gemar, G., Correia, M. B., & Serra, F. (2019). Algarve hotel price determinants: A hedonic pricing model. Tourism Management, 70, 311–321. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.08.028
Surat Edaran Ototitas Jasa Keuangan Nomor 30/SEOJK.07/2017, 1 (2017).
Świecka, B., Terefenko, P., Wiśniewski, T., & Xiao, J. (2021). Consumer financial knowledge and cashless payment behavior for sustainable development in poland. Sustainability (Switzerland), 13(11). https://doi.org/10.3390/su13116401
Techataweewan, W., & Prasertsin, U. (2018). Development of digital literacy indicators for Thai undergraduate students using mixed method research. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(2), 215–221. https://doi.org/10.1016/J.KJSS.2017.07.001
UNESCO. (2021). SDG 4: Ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning opportunities for all.
Utami, N., Sitanggang, M. L., & Sitanggang, M. L. (2021). The Analysis of Financial Literacy and Its Impact on Investment Decisions: A Study on Generation Z In Jakarta. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 9(1), 33–40. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v9i1.1840
Walfajri, M. (2019). Jumlah pengguna naik 10 kali lipat, Traveloka Paylater tingkatkan keamanan pengguna. Kontan. https://industri.kontan.co.id/news/jumlah-pengguna-naik-10-kali-lipat-traveloka-paylater-tingkatkan-keamanan-pengguna
Yuniarti, R., Noorlailie, S., Isnalita, F., & Meilaty, H. (2021). The mediation effect firm performance on green innovation and firm value: evidence the mining industry. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 1377-1783.
Yuniarti, R., Riswandi, P., Finthariasari, M., & Anwar, F. (2021). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Koperasi Jasa Karisma Berbasis Aplikasi Gl (General Ledger). E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 99-102