PENGARUH PARENTAL SUPPORT DALAM MEMEDIASI KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL, DAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 DI KOTA CILEGON
Abstrak
Keluarga merupakan lingkungan awal bagi para anak dalam menempa pendidikan. Sehingga peran orang tua menjadi penting dalam membentuk prestasi anak. Tingkat prestasi belajar anak dipengaruhi oleh faktor tingkat kecerdasan. Selain itu, prestasi belajar anak juga secara moderasi dipengaruhi oleh dukungan orang tua dalam pola asuh yang tepat. SMP N 4 Kota Cilegon merupakan salah satu sekolah dengan fenomena dengan tingkat siswa yang berprestasi lebih sedikit dari pada siswa yang tidak berprestasi. Maka dari itu, tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh tingat kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual melalui mediasi parental support terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 4 Kota Cilegon. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa kecerdasan intelektual serta spitual tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar, sedangkan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan. Namun, terhadap parental support, kecerdasan intelektual dan spiritual berpengaruh signifikan, sedangkan emosional tidak berpengaruh. Sehingga pengaruh kecerdasan terhadap parental support dan prestasi belajar saling berkebalikan. Sedangkan berdasarkan penelitian yang dilakukan mediasi parental support berpengaruh terhadal prestasi belajar anak dengan tingkat pengaruhnya sebesar 52%.
Referensi
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102–122.
Badjuri, B., Indriasih, A., & Sumiyati, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman PKP Mahasiswa PGPAUD UPBJJ UT Semarang. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(2), 52–60.
Daniel, G. (2017). Emotional Intelegensi. In Jakarta: PT Gramedia.
Dhiu, K. D., & Fono, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61.
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1 (1), 116-133.
Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(1), 90–100.
Finthariasari, M., Ekowati, S., Ranidiah, F., Yuniarti, R., & Muchlis, M. (2020). Pengaruh work-family conflict terhadap turnover intention melalui komitmen organisasi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 4(3), 421-438.
Finthariasari, M. (2019). Variabel Employee Engagement, Organizational Commitment, Job Embededdness, OCB, & Turnover Intention Pada Karyawan Perbankan Konvensional Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu: Disertasi.
Finthariasari, M., & Septiani, Y. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kota Bengkulu. ESCAF, 26-38.
Finthariasari, M. (2018). Determinant factor and development of strategy model of turnover intention on banking in Bengkulu city. In 3rd International Conference of Graduate School on Sustainability (ICGSS).
Firdaus, A., Wispandono, M., & Buyung, H. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Kantor Kecamatan Kabupaten Bangkalan). EcoEntrepeneurship, Vol. 5, No. 1, Hal 17-32., Juni 2019.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.
Handriani, N., & Subhan, M. (2020). Hubungan kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar fisika. Gravity Edu: Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 3(1), 1–4.
Hastuti, U. R. (2019). Mengasah Kemampuan Intelektual Melalui Literasi Informasi Model Big 6TM: Integrasi Dengan Pembelajaran Model Berpikir Induktif. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 41–50.
Khairuddin, S. W., & Julia, A. (2022). Upaya Peningkatan Kecerdasan Intelektual Siswa Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Siswa Kelas VII MTS Al Amanah Babalan. Invention: Journal Research and Education Studies, 65–76.
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256.
Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program parenting untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya keterlibatan orang tua di PAUD. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8–17.
Mahdalena, M. (2022). Pengaruh Minat Belajar, Dukungan Orang Tua dan Lingkungan Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA (Studi Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4, 5 dan 6 Pada SDN Binuang 4 d. KINDAI, 18(2), 332–351.
Mahuda, I., & Huda, M. (2021). Sosialisasi Pentingnya Critical Thinking untuk Membangun Generasi Muda yang Kritis dalam Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMA Citra Islami Cikupa. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 210–215.
Rahmadina, F. S., Khairunnisa, F. A., & Firmiana, M. E. (2021). Bentuk dukungan orang tua pada anak usia dini (aud) selama belajar dari rumah (bdr). Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 18–25.
Ratnasari, S. L., Supardi, S., & Nasrul, H. W. (2020). Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan linguistik terhadap kinerja karyawan. Journal of Applied Business Administration, 4(2), 98–107.
Rizal, R. R. M. (2023). Analisis Pola Asuh Orang Tua dalam Film Animasi “Turning Red” untuk Perkembangan Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab pada Anak Pra Remaja Usia SD. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 123–129.
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278–288.
Sari, D. (2017). Peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Simamora, R., & Marbun, Y. M. R. (2022). Kontribusi Dukungan Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 10–16.
Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian. PT Gramedia.
Sulastyaningrum, R. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1Bulu Tahun Ajaran 2017/2018.
Waritsman, A. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1).
Wibowo, C. T. (2015). Analisis pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) pada kinerja karyawan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (Journal of Business and Management), 15(1), 1–16.