UJI PERBANDINGAN KARAKTERISTIK PENELITIAN PADA VARIABEL KOMUNIKASI PEMASARAN, DAYA TARIK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

Penulis

  • Meilaty Finthariasari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Zhenyuan Wang East China Normal University -
  • Ari Yunita Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstrak

Strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan usaha umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Faktor lain yang mempengaruhi keputusan berkunjung adalah daya tarik.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan berkunjung di kebun teh Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap keputusan berkunjung di kebun teh Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran dan daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung di kebun teh Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskripsi, analisis regresi bergamda, koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis. Hasil penelitian, dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut : Komunikasi pemasaran (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) di Kebun teh Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Daya tarik wisata (X2) berpengaruh terhadap keputusan berkunjung (Y) di Kebun teh Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Komunikasi pemasaran (X1)  dan daya tarik wisata (X2) berpengaruh terhadap keputusan berkunjung (Y) di Kebun teh Kabawetan Kabupaten Kepahiang.

Referensi

Asmajasari, Magdalena. (2017). Studi Periklanan Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran, Malang : UMM Press.

Buchari, Alma. (2018). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ferdinand, Agustine. (2016). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Undip

Finthariasari, M. F., Herwan, M. D. K., & Nita, Z. A. (2023). The Influence Of Promotional Strategies And Social Media On Purchase Decisions (Case Study on Buyers Using Ms Glow Skincare in Bengkulu City). Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 857-866.

Finthariasari, M. F., Ratnawili, R., & Halim, N. (2022). Purchasing Decisions: The Analysis Effect Of The Variables Life Style, Celebrity Endorser, And Brand Image. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 661-672.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit.

Gregorius, Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta

Juwita & Hariyanto. (2016). Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara. Jurnal Pariwisata, 3(1), 20-28

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga.

Pundissing, R. (2021). Pengaruh Daya Tarik Dan Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Pongtorra’Toraja Utara. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Terapan (JESIT), 2(1), 71-84.

Setiadi, Nugroho J. (2013). Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta

Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara

Sunarti, S & Lestari, K. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada restoran pizza hut malang town. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 70(1)

Sutisna, (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisis kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Swasta, Basu dan Irawan. (2012). Manajemen Pemasaran Modern Edisi 2. Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh, Yogyakarta: Andi Offset.

Yoeti, O. A. (2013). Pemasaran Pariwisata Terpadu. Bandung: Penerbit Angkasa

Yoeti. (2018). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa

Diterbitkan

2025-01-29
Abstrak viewed = 4 times