A INFLUENCE OF LOCATION, FACILITIES AND PROMOTION ON THE ATTRACTIVENESS OF VISITORS TO OBJECTS HILL BINTANG DISTRICT TOURISM REJANG LEBONG
Location, Facilities, Promotion And Attraction
DOI:
https://doi.org/10.36085/jamekis.v8i1.7722Abstrak
Abstract Penelitian pada pengunjung Bukit Bintang dengan rumusan masalah bagaimana pengaruh lokasi, fasilitas dan promosi secara silmutan terhadap wisata Bukit Bintang Kabupaten Rejang Lebong? Dan untuk mengetahui pengaruh lokasi, fasilitas dan promosi wisata Bukit Bintang Kabupaten Rejang Lebong. Sampel yang digunkan adalah dihitung dengan menggunakan rumus Lemeshow, Berdasarkan kreteria yang telah ditetapkan berjumlah 100 orang responden. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, dokumentasi dan kuisioner, data yang telah diolah dianlisis menggunkan rumus SPSS 25. Berdasarkan hasil regresi nilai signifikan untuk pengaruh X1,X2 dan X3 secara bersama-sama terhadap Y adalah sebesar 0,000. Diketahui nilai Fhitung sebesar 24.789 dan nilai Ftabel 2, 70. Sehingga nilai Fhitung (24.789) > Ftabel (2,70) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka, H0 ditolak H3 diterima. Dapat disumpulkan bahwa X1,X2 dan X3 berpengaruh signifikan terhadap Daya Tarik Wisata Bukit Bintang.
Referensi
Anggraeni, P. W.P. (2022). Pengaruh Daya tarik Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali Yang Dimediasi Oleh Memorable Tourism Experience. 9(1), 180
Haryoko, S., Aryati. I., & Damayanti. R. (2020). Potensi Pariwisata Keraton Kasunanan Sukarta Di Tinjau Dari Daya Tarik, Lokasi Dan Promosi. 4(1) 155-156.
Husein Umar. (2005), Riset Sumber Daya manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 126
Ghazali, I (2009). Aplikasi analisis Multivariate Dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, A. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro.
Martaleni, 2017. Pemasan Pariwisata Di Indonesia, Malang
Nurbeti, Rahmanita, M. Rtnaningtyas, H & Amrullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisata Di Objek Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 10(2).269. https://doi .org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.33456
Putri, A, Susmita, A.D & Muliani, A. (2023). Strategi Promosi Dan Pengembangan 5 Objek Wisata Unggulan Desa Telagah Kabupaten Langkat. 5(5), 2327-2331.
Rahmadayanti, T. Murtadlo, K. (2020). Pengaruh Efektivitas Media Sosial, Daya Tarik, Harga Tiket, Dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan. Malia: Jurnal Ekonomi Islam. 12(1) 125-136
Rukaja, A. Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitatif Research Approach. 79.
Saifudin Azwar (2014). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 10-11
Sangadji, M.A., & Sopiah (2010). Metode penelitian-Pendekatan Praktis Dalam Peneitian. Yokyakarta: CV, Andi Offset, 145.
Siboro, A. K., Sasmita,M. E., & Sari, B. (2021). Pengaruh Promosi, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap kepuasan Konsumen Bakmi Golek dewi Sartika. Ikraith-Ekonomika. 3(4).
Supriyono, Akuntasi Keperilakuan ( Yogyakarta: Gadjah mada University Press, 2018). 49
Sutopo, Y., & Slamet. A., (2017). Statistika Inferensial. Jakarta : CV, Andi Offset. 107.
Tanjung, A., Bintarti, S & Nurpatria, E., (2022). Pengaruh Daaya Tarik Wisata, Fasilitas, Dan Electrinic Word of Mounth Terhadap Minat Kunjung Pada situ Rawagede. Ikraith-Ekonomika 2(5)
Triyono, Dasmadi., & Dkk (2021). Pengaruh Promosi, Biaya, fasilitas, Akreditasi Dan Lokasi Universitas Boyolali Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru. Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntasi. 9(2) 222
Tukiran Taniredja, Penelitian Kuantitatif (Sebuah pengantar), 42.