PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) MUAMALAT HARKAT SUKA RAJA KABUPATEN SELUMA

Penulis

  • Dharma Setiawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Amir Mukadar Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jamekis.v8i1.7717

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan (service quality), yaitu  Syariah Compliance (Kepatuhan pada syariat Islam)   , tagible (tampilan fisik), empathy (perhatian), reliability (keandalan), responsiveness (tanggapan) dan assurance (jaminan) terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPRS Muamalat Harkat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma  Propinsi  Bengkulu Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme yang digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan istrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistic, dengan tujuan untuk menguji hipotesis. Berdasarkan tujuan penelitian maka penelitian ini termasuk penelitian EksplanatoriTujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan (service quality), Populasi penelitian menggunakan accidental sampling (sampling insidental) sementara   teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan terhadap nasabah yang terdiri  dari nasabah simpanan dan nasabah  pembiayaan, yang layak sebagai sumber data selama 14 hari, dengan sampel 200 orang. Analisis data penelitian model persamaan struktural, program aplikasi SPSS menguji 6  (enam ) hipotesis. Hasil dan  kesimpulan dari penelitian ini adalah  kepatuhan syariah islam , Jaminan , Daya tanggap  , Bukti Fisik,  Empati dan  Kehandalan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Muamalat Harkat Kabupaten Seluma Propinsi Bengkulu

 

Kata kunci : Kepuasan nasabah, kualitas pelayanan bank

Referensi

Adam, I., & Sumartana, I. M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Syariah KC Denpasar. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 4(1), 55–61. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v4i1.305

Ajeng Astuti, H. purwanto. (2023). Analsis Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan nasabah bank syariah indonesia. Management Pemasaran, 2(2209–1431), 22–34.

Darmawan, Z. C., & Ridlwan, A. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Al-Tijary, 3(2), 107. https://doi.org/10.21093/at.v3i2.1096

Dewi, A. C. (2021). Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Ketrampilan Proses. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(1), 23–43.

Finthariasari, M. F., Herwan, M. D. K., & Nita, Z. A. (2023). The Influence Of Promotional Strategies And Social Media On Purchase Decisions (Case Study on Buyers Using Ms Glow Skincare in Bengkulu City). Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 857-866.

Finthariasari, M. F., Ratnawili, R., & Halim, N. (2022). Purchasing Decisions: The Analysis Effect Of The Variables Life Style, Celebrity Endorser, And Brand Image. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 661-672.

Finthariasari, M., & Zetira, A. M. (2022). Purchase Intention: Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM), 16-25.

Fitri, Marliza Ade., Khairiyah, Diah.(2015). Persepsi Konsumen Terhadap Penjualan Melalui Media Internet (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu Angkatan Tahun 2015). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS).

Khaliq, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Relevance: Journal of Management and Business, 2(1), 177–188. https://doi.org/10.22515/relevance.v2i1.1609

Kusuma, M., Arianto, T., & Finthariasari, M. (2021). Analisis Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Dimediasi Variabel Pekerjaan Yang Diharapkan. Jurnal Manajerial, 8(03), 278-293.

Oktarini, D., Finthariasari, M., Nuari, T. N. V., Marta, F. R., & Yami, F. M. (2022, April). Strategi Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Mebel Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Business Corporate, 1(1), pp. 135-146).

Rosi, F. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan islami dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Ekonisia Fakultas Ekonomi UII, 4(3298–8731), 72–79.

Septiani, W., Astuti, P., Azmi, N., Sd, T., Hetharia, D., Marie, I. A., & Sari, E. (2022). Pelatihan Pengembangan Keputusan pada Industri Komponen Otomotif di Jakarta Utara. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3322–0021), 145–154.

Sismanto, A., Ranidiah, F., & Tarisa, A. (2021). Pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis (studi kasus pada toko roti panggang banjar di sawah lebar kota bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 4(2).

Sunardi, Tedy., Fikri, Muhammad.(2024). Pengaruh Faktor Geografis Dan Demografis Dalam Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Umkm Di Kawasan Wisata Pantai Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 7(2).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alpabeta.

Diterbitkan

2025-01-30
Abstrak viewed = 0 times