Pengaruh Pengalaman Merek , Kepercayaan, dan Kepuasan Dalam Membangun Loyalitas Merek Pada Produk Halal

Penulis

  • Dwi Septi Ariyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anton Agus Setyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman merek, kepercayaan, dan kepuasan dalam membangun loyalitas merek pada produk halal, dengan studi kasus pada brand Skintific. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner kepada 160 responden yang merupakan pengguna produk Skintific di Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dan kepuasan merek. Kepuasan dan kepercayaan merek juga berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan loyalitas merek. Namun, pengalaman merek secara langsung tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas merek. Mediasi melalui kepercayaan dan kepuasan merek memperkuat hubungan antara pengalaman merek dan loyalitas merek. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam memahami dinamika hubungan antara pengalaman, kepercayaan, kepuasan, dan loyalitas merek, serta menawarkan implikasi praktis bagi perusahaan dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan memperkuat kepercayaan terhadap produk halal untuk mendorong loyalitas pelanggan.

Referensi

Adha, H. V. (2021). The Effect Of Brand Experience , Brand Personality And Brand Trust On Brand Loyalty. 2(12), 861–871. Https://Doi.Org/10.47153/Jbmr212.2962021

Agung, I. G., & Sri, K. (2023). Peran Cinta Merek Memediasi Pengaruh Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Konsumen Anomali Coffee Di Ubud. 12(03), 527–534.

Amalia, L. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek , Pengalaman Merek Terhadap Kepuasan Merek Dan Loyalitas Merek Kosmetik Wardah. 06(September), 468–479.

Andrey Olaf Yeriko Panjaitan, Rofiaty, S. (2016). Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Mediasi Kepuasan Merek Dan Kepercayaan Merek (Studi Pada Kuliner Khas Kota Malang). 141–161.

Brakus, J. J., Schmitt, B. H., And Z., & L. (2009). Brand Experience: What Is It? How Is It Measured? Does It Affect Loyalty?. Journal Of Marketing, 52–68.

Dr. Sri Rahayu, S. E. M. M. (2021). Strategi Meningkatkan Loyalitas Sikap Dan Loyalitas Pembelian. Penerbit Adab. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Zxy-Eaaaqbaj

Endarwita. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas.Pdf.

Experience, K.-B., & Davidson, H. (2014). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Yohanes Surya Kusuma Program Manajemen Pemasaran , Universitas Kristenpetra Jl . Siwalankerto 121-131 , Surabaya. 2(1), 1–11.

Fariha, A. Nur. (2023). Perkembangan Bisnis Kosmetik Halal Di Indonesia. 26 September 2023. Https://Adev.Co.Id/Bisnis/Bisnis-Kosmetik-Halal/

Fathoni, M. A., & Syahputri, T. H. (2020). Potret Industri Halal Indonesia : Peluang Dan Tantangan. 6(03), 428–435.

Finthariasari, M. F., Herwan, M. D. K., & Nita, Z. A. (2023). The Influence Of Promotional Strategies And Social Media On Purchase Decisions (Case Study on Buyers Using Ms Glow Skincare in Bengkulu City). Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 857-866.

Finthariasari, M. F., Ratnawili, R., & Halim, N. (2022). Purchasing Decisions: The Analysis Effect Of The Variables Life Style, Celebrity Endorser, And Brand Image. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 661-672.

Finthariasari, M., & Zetira, A. M. (2022). Purchase Intention: Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM), 16-25.

Fitri, Marliza Ade., Khairiyah, Diah.(2015). Persepsi Konsumen Terhadap Penjualan Melalui Media Internet (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu Angkatan Tahun 2015). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS).

Guillen, M. J., Yague, Aleman, J. L. Munuera, & Ballester, E. Delgado. (2003). Development And Validation Of A Brand Trust Scale. International Journal Of Market Research, 45(1), 7–11.

Hesty, R., & Puspitasari, U. (2019). Analisis Pengaruh Keputusan Pembelian Pada. 2(1), 68–77.

Kwon, J., & Kim, J. (2020). Antecedent Factors That Affect Restaurant Brand Trust And Brand Loyalty : Focusing On Us And Korean Consumers. August. Https://Doi.Org/10.1108/Jpbm-02-2020-2763

Lestari, A. T., Indriyani, A., & Iskandar, K. (2022). Pengaruh Kompensasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Hotel Anggraeni Brebes). Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 6043–6054. Https://Journal.Upy.Ac.Id/Index.Php/Pkn/Article/View/4106%0ahttps://Journal.Upy.Ac.Id/Index.Php/Pkn/Article/Download/4106/2592

Mohammad Kelvin Virdie Saputra. (2023). Kosmetik Di Kabupaten Sragen. 3(1), 12–24.

Murtiningsih, D. (2008). The Effect Of Brand Trust And Brand Loyalty (Studies In The University Of Budi Luhur Jakarta). 11(2), 57–61.

Nusantari, C., Putri, A., & Nadzir, M. M. (2023). Pengaruh Keterlibatan Merek Dan Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening. 1–15.

Pertiwi, A. R., & Djawahir, A. H. (2012). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Satisfaction, Brand Trust Dan Brand Loyalty (Studi Pada Konsumen Make-Up Brand Impor Di Surabaya). 5, 20–35.

Putra, T. W. (2020). Brand Experience , Perceived Value , Brand Trust Untuk Memprediksi Brand Loyalty : Brand Love Sebagai Variabel Mediasi. 4(1), 184–193.

Rio Era Deka, Nurhajati, Nudzulul Rachman. (2019). Pengaruh Brand Association Dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust Pada Start Up Fintech Ovo. Jurnal Ilmu Manajemen, 4, 96–107.

Santri, B., Wahab, Z., Widiyanti, M., & Shihab, M. S. (2021). Effect Of Image And Brand Trust On Loyalty Of Cement Baturaja Consumers. 8(2), 141–147.

Sismanto, A., Ranidiah, F., & Tarisa, A. (2021). Pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis (studi kasus pada toko roti panggang banjar di sawah lebar kota bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 4(2).

Sunardi, Tedy., Fikri, Muhammad.(2024). Pengaruh Faktor Geografis Dan Demografis Dalam Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Umkm Di Kawasan Wisata Pantai Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 7(2).

Wardani, L. I. K. (2023). Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Yang Dimediasi Oleh Kecintaan Merek Luluk Intan Kusuma Wardani 1* , Wiyadi 2. 16(2), 105–122.

Wiharto Suntoro, Y. B. R. S. (2020). Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek. Modus, 32(1), 25–41. Https://Scholar.Google.Com/Citations?View_Op=List_Works&Hl=En&Hl=En&User=Qf52kfuaaaaj

Diterbitkan

2025-01-31
Abstrak viewed = 6 times