The Promosi Online, Harga dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Papa Cookies

Promosi Online, Harga dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Papa Cookies

Penulis

  • Dina Novita Sari Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Ika Purwanti Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi online, harga, dan rasa terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk roti Papa Cookies di Kabupaten Lamongan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diisi oleh 100 responden konsumen Papa Cookies Lamongan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi online berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan pengaruh rasa berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Promosi online, harga, dan rasa secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Papa Cookies Lamongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi online, harga, dan rasa memiliki peranan penting terhadap keputusan pembelian konsumen Papa Cookies Lamongan. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh Papa Cookies Lamongan dan pelaku usaha roti dalam mengambil keputusan dalam usahanya.

Referensi

Calvin Valerian. (2024). JPRO Vol. 5 No. 2 Tahun 2024 E-ISSN: 27755967. 5(2), 246–252.

Chaffey, & Smith, P. R. (2017). Digital marketing excellence: Planning, optimizing and integrating online marketing (5th ed.). Routledge.

Diana, M. F., Wiryaningtyas, D. P., & Harisandi, Y. (2022). Pengaruh Promosi Online Dan Keragaman Produk Dalam Menentukan Kepuasan Konsumen Pada Healthymask.Idn Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(3), 478. https://doi.org/10.36841/jme.v1i3.1981

Finthariasari, M. F., Herwan, M. D. K., & Nita, Z. A. (2023). The Influence Of Promotional Strategies And Social Media On Purchase Decisions (Case Study on Buyers Using Ms Glow Skincare in Bengkulu City). Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 857-866.

Finthariasari, M. F., Ratnawili, R., & Halim, N. (2022). Purchasing Decisions: The Analysis Effect Of The Variables Life Style, Celebrity Endorser, And Brand Image. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 661-672.

Finthariasari, M., & Zetira, A. M. (2022). Purchase Intention: Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM), 16-25.

Fitri, Marliza Ade., Khairiyah, Diah.(2015). Persepsi Konsumen Terhadap Penjualan Melalui Media Internet (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu Angkatan Tahun 2015). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS).

Hair, J. F., Black, W. C. , Babin, B. J. , & Anderson, R. E. (2020). Multivariate data analysis (8th ed.). Cengage Learning.

Hanani, Z., Swid, O., & Riofita, H. (2024). ⁠ Pengaruh Strategi Konten Yang Menarik Untuk Meningkatkan Brand Awareness Dalam Pemasaran Digital. In Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner (Vol. 8, Issue 5).

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 17, Nomor 2.

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 21, Issue 1). www.antaranews.com

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Person education.

Kusuma, M., Arianto, T., & Finthariasari, M. (2021). Analisis Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Dimediasi Variabel Pekerjaan Yang Diharapkan. Jurnal Manajerial, 8(03), 278-293.

Marpaung, H., Simanjuntak, R., & Ardila, R. (n.d.). Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNA.

Mulyadi, M. N. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Talas Kujang Bogor untuk Keperluan Usaha Waralaba. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 511–518. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1539

Oktarini, D., Finthariasari, M., Nuari, T. N. V., Marta, F. R., & Yami, F. M. (2022, April). Strategi Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Mebel Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Business Corporate, 1(1), pp. 135-146).

Rondonuwu, P. D., Produk, K., Produk, K., Dan, H., Layanan, K., Terhadap, P., Wahana, P. T., Manado, W., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2013). Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March Pada Pt. Wahana Wirawan Manad. 1(4), 718–728.

Silva, P. (2017). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5 (3).

Sismanto, A., Ranidiah, F., & Tarisa, A. (2021). Pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis (studi kasus pada toko roti panggang banjar di sawah lebar kota bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 4(2).

Solomon, M. R. (2019). Consumer behavior: Buying, having, and being (13th ed.). Pearson Education.

Suherman, A. W., & Hongdiyanto, C. (2021a). Pengaruh Promosi, Cita Rasa, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Milkmo. Performa, 5(3), 233–241. https://doi.org/10.37715/jp.v5i3.1774

Suherman, & Hongdiyanto. (2021b). Pengaruh Promosi, Cita Rasa, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Milkmo. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 5(3), 233–241.

Sunardi, Tedy., Fikri, Muhammad.(2024). Pengaruh Faktor Geografis Dan Demografis Dalam Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Umkm Di Kawasan Wisata Pantai Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 7(2).

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & satisfaction. Andi.

Yuli, & Marpaung, H. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi Online, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Miniso Di Asahan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Una). Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES).

Diterbitkan

2025-01-28
Abstrak viewed = 19 times