Pengaruh Kualitas Pelayanan, Komunikasi Interpersonal, dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor DP3AKB Kabupaten Jember

Penulis

  • Rizqi Ahmad Nurillah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Retno Endah Supeni Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ahmad Izzuddin Universitas Muhammadiyah Jember

Abstrak

Kepuasan masyarakat sebagai indikator keberhasilan merupakan salah satu tolok ukur utama dalam menilai keberhasilan pelayanan publik. Tingkat kepuasan masyarakat dapat mencerminkan seberapa baik kantor DP3AKB dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Faktor yang menjadi pertimbangan penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui terkait kualitas pelayanan, komunikasi interpersonal, dan disiplin kerja petugas dalam membantu masnyarakat Kabupaten Jember untuk mengatasi permasalahannya dan meningkatkan kemandirian mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tujuan penelitian untuk menguji pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat, menguji pengaruh signifikan  komunikasi interpersonal terhadap kepuasan masyarakat, serta menguji pengaruh signifikan disiplin kerja terhadap kepuasan masyarakat. Pengujian pengaruh menggunakan analisis regresi linier berganda dan pengujian asumsi klasik untuk menentukan apakah data tersebut normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan masyarakat, variabel komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat, dan variabel disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat, dapat disimpulkan bahwa variabel independent terbukti berpengaruh positif dan signifikat terhadap variabel dependent.

Referensi

Adilah, W., Sucipto, H., & Mulyani, I. D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Peran Pendamping terhadap Kepuasan Masyarakat Penerima Manfaat Bantuan Program Kelurga Harapan (PKH) (Studi Kasus di Desa Sidamulya). Jurnal Manajemen Riset Inovasi (MRI), 1(4), 206–222. https://doi.org/10.55606/mri.v1i4.1856

Bagum, P., & Adawiyah, P. R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Masyarakat Pengguna Layanan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolikara. 3(12).

Budianto, A., & Nugrahini, K. N. (2022). Manajemen Pemasaran. 11–57.

Darmayadi, S., Heriwibowo, D., & Hermanto, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kinerja Pegawai dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1169–1175. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1622

Finthariasari, M. F., Herwan, M. D. K., & Nita, Z. A. (2023). The Influence Of Promotional Strategies And Social Media On Purchase Decisions (Case Study on Buyers Using Ms Glow Skincare in Bengkulu City). Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 857-866.

Finthariasari, M. F., Ratnawili, R., & Halim, N. (2022). Purchasing Decisions: The Analysis Effect Of The Variables Life Style, Celebrity Endorser, And Brand Image. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 661-672.

Finthariasari, M., & Zetira, A. M. (2022). Purchase Intention: Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM), 16-25.

Fitri, Marliza Ade., Khairiyah, Diah.(2015). Persepsi Konsumen Terhadap Penjualan Melalui Media Internet (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu Angkatan Tahun 2015). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS).

Handayani, L., & Suryani, N. (2019). Pengaruh Kinerja Pegawai, Komunikasi Interpersonal dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kualitas Pelayanan. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 743–757. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31504

Khurniawan, A. W., & Wihadanto, A. (2024). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja , Kedisiplinan Pegawai , dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kecamatan Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu. 6(4), 1320–1334.

Kusuma, M., Arianto, T., & Finthariasari, M. (2021). Analisis Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Dimediasi Variabel Pekerjaan Yang Diharapkan. Jurnal Manajerial, 8(03), 278-293.

Lempao, N. M., Hengkeng, J., Balo, M. J., & Guampe, F. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Uelincu Kecamatan Pamona Utara Kabupaten Poso). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1310–1318.

Leo, D., Arifin, A., & Aripin, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Lansia di Poli Lansia UPTD Puskesmas Emparu Kabupaten Sintang. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2508–2517. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.5345

Marlina, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Kantor Camat Sei Beduk). Upb Repo, 2, 1–44. http://repository.upbatam.ac.id/449/

Oktarini, D., Finthariasari, M., Nuari, T. N. V., Marta, F. R., & Yami, F. M. (2022, April). Strategi Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Mebel Sederhana. In Prosiding Seminar Nasional Business Corporate (Vol. 1, No. 1, pp. 135-146).

Racmad et, A. (2022). Manajemen Pemasaran. In Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/publications/558183/manajemen-pemasaran

Radja, N. E., Sonbay, Y. Y., & Niha, S. S. (2024). Interpersonal Communication on the Quality of Integrated Administrative Pengaruh Kompetensi Pegawai , Lingkungan Kerja Fisik dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu di Kantor Camat Taebenu Kabupaten Kupang. 5(2), 7919–7932.

Ratnasari, S. L., L, B. S., & Tanjung, R. (2021). Pengaruh Peranan Sumber Daya Manusia, Pelatihan, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(2), 153. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v4i2.9084

Sismanto, A., Ranidiah, F., & Tarisa, A. (2021). Pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis (studi kasus pada toko roti panggang banjar di sawah lebar kota bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 4(2).

Suhardani, Y., Suharto, S., & Marhaban, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Dan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kelurahan Iringmulyo Metro Timur. SIMPLEX: Journal of Economic Management, 3(1), 149–158. https://doi.org/10.24127/simplex.v3i1.2621

Sunardi, Tedy., Fikri, Muhammad.(2024). Pengaruh Faktor Geografis Dan Demografis Dalam Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Umkm Di Kawasan Wisata Pantai Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 7(2).

Suparman, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Desa Bantarsari Kabupaten Sukabumi. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 1(2), 1–20. https://journal.stiepasim.ac.id/index.php/JMM/issue/view/23

Wulandari, A. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidenreng Rappang. JIA: Jurnal Ilmiah Administrasi, 11(1), 90–102. https://doi.org/10.55678/jia.v11i1.1062

Zakiyah, N., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2020). Peran Kualitas Pelayanan dalam Memediasi Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 690–703. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.31647

Diterbitkan

2025-01-28
Abstrak viewed = 7 times