APLIKASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCES (AHP) DALAM UPAYA MENINGKATKAN WISATA HALAL ( DI WISATA RINDU HATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH)

Penulis

  • Andre Noprendi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Andang Sunarto Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Nonie Afrianty Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jamekis.v8i1.6479

Abstrak

The purpose of this study is to determine the criteria and alternatives that are prioritized in determining efforts to increase halal longing liver tourism. To test this, researchers use a quantitatf approach with primary data collection techniques in the form of questionnaires that are distributed to 50 respondents. The data analysis technique used is the Anlitical Hierarcy Process method using the Expert Choice 11 program. From the results of the study and discussion it is known that the service criteria become the priorotas criteria with the highest weight value of 0.380. And alternative road infrastructure in accessibility criteria with a value of 0.821.

Referensi

Astuti, Y., Suyanto, M., & Kusrini, K. (2011). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Perguruan Tinggi Komputer Swasta. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi, 12(1), 56–62.

Chookaew, S. (2015). Increasing Halal Tourism Potential At Andaman Gulf In Thailand For Muslim Country. Jurnal Of Economics, Business And Management, 3, 7.

Crescentrating, M. &. (2018). Mastercard-Crescentrating GMTI 2018 Global Muslim Travel Index 2018. Ournal of Materials Processing Technology, 1–59.

Finthariasari, M. F., Herwan, M. D. K., & Nita, Z. A. (2023). The Influence Of Promotional Strategies And Social Media On Purchase Decisions (Case Study on Buyers Using Ms Glow Skincare in Bengkulu City). Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 857-866.

Finthariasari, M. F., Ratnawili, R., & Halim, N. (2022). Purchasing Decisions: The Analysis Effect Of The Variables Life Style, Celebrity Endorser, And Brand Image. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 661-672.

Finthariasari, M., & Zetira, A. M. (2022). Purchase Intention: Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM), 16-25.

Fitri, Marliza Ade., Khairiyah, Diah.(2015). Persepsi Konsumen Terhadap Penjualan Melalui Media Internet (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu Angkatan Tahun 2015). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS).

Fitriani, H. (2018). Proyeksi Potensi Pengembangan Pariwisata Perhotelan Dengan Konsep Syariah. Muslim Heritage, 3(1), 45.

Gumelar, A. A., & Heksaputra, D. (2023). Sistem Informasi Seleksi Wisata Halal Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) Di Bantul Yogyakarta. Jurnal Device, 13(1), 75–87.

Hasan, F. A. Al. (2017). enyelenggaraan Parawisata Halal Di Indonesia (Analisis Fatwa Dsn-Mui Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah). Al-Ahkam Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 2(1).

Kusuma, M., Arianto, T., & Finthariasari, M. (2021). Analisis Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Dimediasi Variabel Pekerjaan Yang Diharapkan. Jurnal Manajerial, 8(03), 278-293.

Mu, A. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep. Journal of Chemica Information and Modeling, 53(9), 1689–99.

Natapura, C. (2009). Analisis Perilaku Investor Institusional Dengan Pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP). Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasidan Organisasi, 163, 7.

Oktarini, D., Finthariasari, M., Nuari, T. N. V., Marta, F. R., & Yami, F. M. (2022, April). Strategi Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Mebel Sederhana. In Prosiding Seminar Nasional Business Corporate (Vol. 1, No. 1, pp. 135-146).

Sismanto, A., Ranidiah, F., & Tarisa, A. (2021). Pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis (studi kasus pada toko roti panggang banjar di sawah lebar kota bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 4(2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitarif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta.

Sunardi, Tedy., Fikri, Muhammad.(2024). Pengaruh Faktor Geografis Dan Demografis Dalam Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Umkm Di Kawasan Wisata Pantai Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 7(2).

Tarmid, D. T. (2017). Pemanfaatan Perangkat Lunak Expert Choice Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jalur Kereta Api (Studi Kasus Kere Ta Api Propinsi Aceh). Geoplanart, 2(1), 31–41.

Wahyuningsih, Sri, Rasulog, I., & Nuhung, M. (2019). Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Apparalang Sebagai Tujuan Wisata Di Bulukumba. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 141–157.

Widagdyo, K. G. (2015). Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia. The Journal of Tauhidinomics, 1(1), 73–80.

Diterbitkan

2025-01-25
Abstrak viewed = 17 times