PENGARUH FAKTOR BUDAYA DAN EMOSIONAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SECARA ONLINE (Studi Kasus Masyarakat Kota Bengkulu)
DOI:
https://doi.org/10.36085/jamekis.v7i2.6315Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Faktor Budaya dan Emosional Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online. Peneliti ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel jumlah sampel sebanyak 400 responden. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisa data menggunakan uji regresi berganda dan uji hipotsis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil penelitian Terdapat pengaruh positif variabel Faktor Budaya terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh t hitung sebesar 8.700 dan koefisisen regresi 0.445 dengan signifikan 0.000. (2) hasil penelitian Terdapat pengaruh positif variabel Emosional terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh t hitung sebesar 11.550 dan koefisien regresi 0.662 dengan signifikan 0.000. (3) hasil pengujian simultan atau secara bersama diperoleh Faktor Budaya dan Emosional berpengaruh positif terhadap Minat Beli Secara Online. Hal ini di buktikan dengan hasil pengujian diperoleh nilai f hitung sebesar 260.325, dengan signifikansi (0.000<0.050).
Kata kunci:
Faktor budaya, Emosional, Minat Beli