THE INFLUENCE OF EFFICIENCY, CONVENIENCE AND SECURITY ON CUSTOMER INTEREST IN USING CARDLESS CASH WITHDRAWAL SERVICES AT BANK SYARIAH INDONESIA (Study On Islamic Banking Students Of UINFAS Bengkulu)
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efisiensi, kemudahan dan keamanan terhadap minat nasabah menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu pada Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Metode analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda. Sedangkan sampel yang diambil sebesar 60 responden yang ditentukan dengan kriteria khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Efisiensi berpengaruh positif terhadap minat nasabah menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu, 2) Kemudahan berpengaruh positif terhadap minat nasabah menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu, 3) Keamanan berpengaruh positif terhadap minat nasabah menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu, 4) efisiensi, kemudahan, dan keamanan berpengaruh positif terhadap minat nasabah menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu.
Referensi
Ahmad, B. S. P. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking Bri). Jurnal Manajemen, Vol 8(N0 1).
Finthariasari, M. (2019). Variabel Employee Engagement, Organizational Commitment, Job Embededdness, OCB, & Turnover Intention Pada Karyawan Perbankan Konvensional Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu: Disertasi
Finthariasari, M., Febriansyah, E., & Pramadeka, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat desa Pelangkian melalui edukasi dan literasi keuangan pasar modal menuju masyarakat cerdas berinvestasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1), 291-298
Firdaus, M. M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Analisis Regresi Ibm Spss Statistics Version 26.0. CV. DOTPLUS Publisher. https://books.google.co.id/ books?id=lJ8hEAAAQBAJ
Firmasyah, Muhammad Bahrudin. (2018). Manajemen Keamanan Informasi Di Perpustakaan menggunakan Franemork SNI ISO IEC27001. Media Pustakawan.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hawaroh, N. (2023). Transaksi Layanan Digital Bank Syariah Indonesia Tembus Rp64 Miliar Di Kuartal I 2023. Tribus Bisnis. https://www.tribunnews.com/bisnis/ 2023/04/28/transaksi-layanan-digital-bank-syariah-indonesia-tembus-rp-64-miliar-di-kuartal-i-2023
Iskandar, N. A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Nasabah Bank Syariah Indonesia Menggunakan Layanan Mobile Banking.
Iswati, A. &. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitaif. Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR (AUP).
Laksana, G. B., Astuti, E. S., & Dewantara, R. Y. (2015). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko Dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking( Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia ( Bri ) Kantor Cabang Rembang , Jawa Tengah ). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(2), 1–8.
Kholid, Fernanda Idham, E. D. S. (2018). Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah Dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada Pt Bank Bni Syariah Kcp Magelang. Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah, Vol 8(No 2).
Kurniawan, Margareta Sherly, P. T. A. R. (2022). Teknologi Keuangan Anak Muda. SCU Knowladge Media.
Mukhtisar, M., Tarigan, I. R. R., & Evriyenni, E. (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 3(1), 56. https://doi.org/10.22373 /jihbiz.v3i1.9632
Nasution, Dewi Sartika, & Muhammad Muhajir, (2019). Ekonomi Digital. FEBI UIN Mataram.
Nuryadi, A. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian. Sibuku Media.
Onsardi, O., Finthariasari, M., & Hermawan, D. J. (2021). The influence of human resource management practices on employee outcomes in private and public banking in Indonesia. Rigeo, 11(9).
Pitaloka, Diah Ayu. (2022). Pengaruh Efisiensi, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Masyarakat Di Kota Cirebon).
Rakhmawati, Sherly, I. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking Pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Pembantu Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, Vol 2(no 2).
Wahyudin, U. R. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. CV Budi Utama.
Winarko, B. (2021). Komunitas Pemasaran Terpadu (Edisi Ke 1). CV Amerta Media.
Zakiyyah, A. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Go-Pay. Universitas Islam Indonesia, 1–60.