Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2022-08-05. Baca versi terbaru.

PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI HOTEL SANTIKA BENGKULU

Penulis

  • Eti Arini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Melinda Ramadani universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jamekis.v5i2.3518

Abstrak

Penelitian mengetahui Pengaruh servant leadership dan budaya organisasi terhadap terhadap kinerja karyawan di hotel Santika Bengkulu, baik secara parsial maupun simultan. Ada beberapa faktor yang akan dibahas dalam penelitian ini, diantaranya servant leadership dan budaya organisasi. Obyek dalam penelitian ini adalah di hotel Santika Bengkulu yang berjumlah 56 orang. Dalam penenlitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan kuisioner.

Ada beberapa teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan uji instrument yakni Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, koefisien determinasi, dan juga uji hipotesis. Dari hasil uji regresi linier berganda didapat persamaan regresinya yaitu sebagai berikut: Y = 8,532 – 0,005(X1)+ 0,791(X2). Sementara hasil pengujian dengan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa variabel Servant Leadership (X1) menunjukkan thitung sebesar 0,019 (lebih rendah dari nilai t tabel, atau t hitung < 1,67 (lihat distribusi pada tabel t), dan tingkat signifikansi 0,985 (signifikan  > 0.05). vaeiabel Budaya Organisasi  (X2) diperoleh  thitung  sebesar  4,413  (lebih tinggi dari nilai t tabel, atau t hitung > 1,67 (lihat distribusi pada tabel t), dan tingkat signifikansi 0,000 (signifikan < 0.000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Servant Leadership dan Budaya Organisasi   berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan di Hotel Santika Bengkulu.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-05

Versi

Abstrak viewed = 128 times