ANALYSIS OF STRESS-TEST YOUR STRATEGY AND AMBIDEXTROUS STRATEGY FOR COUNTIONAL INNOVATION

Penulis

  • Mimi universitas muhammadiyah bengkulu
  • Meiffa Herfianti Universitas Dehasen

DOI:

https://doi.org/10.36085/jamekis.v5i2.3472

Abstrak

Persaingan di dunia global menuntut setiap industri untuk berinovasi agar dapat bertahan dalam

lingkungan yang terus berubah. Organisasi dituntut untuk selalu inovatif, namun menjadi inovatif tidak cukup hanya dengan berkreasi saja, tetapi juga membutuhkan ide-ide yang dapat diterapkan untuk menciptakan nilai bagi organisasi. Fajarwonk merupakan salah satu UKM yang menggunakan kulit gantung sebagai produk yang bernilai jual, seperti tas dan oleh-oleh khas daerah Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang telah digunakan Fajarwonk untuk melihat kelemahan dan kekuatan strategi yang telah dilakukan Fajarwonk dalam memasarkan produknya dan melakukan inovasi yang berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan pengusaha dan karyawan Fajarwonk serta menggunakan pendekatan Stress-Test Your Strategy, dan Ambidextrous Strategy. Hasil Penelitian Fajarwonk memiliki pelanggan utama yaitu kelas menengah dan menengah ke atas, Fajarwonk menetapkan nilai-nilai inti saat ini dengan mengutamakan kepentingan pelanggan untuk meningkatkan penjualan produk yang berkualitas, untuk menjaga kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk Fajarwonk memberikan pelatihan dan keterampilan serta tanggung jawab khusus kepada setiap karyawan dan memberikan keleluasaan kepada karyawan yang memiliki ide kreatif dalam desain produk .

Diterbitkan

2022-08-05 — Diperbaharui pada 2023-03-16

Versi

Abstrak viewed = 70 times