PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA BISNIS

Penulis

  • Adi Sismanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Anggun Tarisa Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jamekis.v5i2.3391

Abstrak

Kinerja bisnis merupakan faktor umum yang digunakan untuk mengukur impor strategi perusahaan dalam menghadapi persaingan. Untuk meningkatkan kinerja, perusahaan harus melakukan orientasi pasar dan inovasi agar dapat bertahan dalam persaingan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja usaha pada Toko Roti Banjar Sawah Lebar Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan analisis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Roti Banjar Sawah Lebar Bengkulu dan pengambilan sampel menggunakan metode total sampling yang berjumlah 100 orang.
Berdasarkan hasil regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi adalah Y = 0,754+0,779 (X_1) + 0,265 (X_2). Hasil penelitian dan hipotesis menunjukkan bahwa orientasi pasar (X_1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis yaitu t_hit>t_(α/2) (11,266>1,984) dan (sig = 0,000< 0,050), Inovasi produk (X_2) berpengaruh signifikan berpengaruh terhadap kinerja bisnis yaitu t_hit>t_(α/2) (3,680>1,984) dan (sig = 0,000 < 0,050). Secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis. Secara parsial variabel orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha yaitu F_hitung>F_tabel (192.273>2.102) dan (sig = 0,000 < 0,050).

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-05 — Diperbaharui pada 2023-03-16

Versi

Abstrak viewed = 67 times