PENGARUH EFISIENSI, KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN TARIK TUNAI TANPA KARTU PADA BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah UINFAS Bengkulu)

Authors

  • Khalfi Syahrin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Supardi Mursalin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Nurrahmah Putry Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

The aim of this research is to determine the influence of efficiency, convenience and security on customer interest in using cardless cash withdrawal services at Bank Syariah Indonesia. This research uses quantitative methods. The analytical method used in this research is the multiple regression analysis method. Meanwhile, the sample taken was 60 respondents who were determined using special criteria. The results of this research show that 1) Efficiency has a positive influence on customers' interest in using cardless cash withdrawal services, 2) Convenience has a positive influence on customer interest in using cardless cash withdrawal services, 3) Security has a positive influence on customer interest in using cardless cash withdrawal services, 4) efficiency, convenience and security have a positive influence on customer interest in using cardless cash withdrawal services. 

References

Ahmad, B. S. P. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking Bri). Jurnal Manajemen, Vol 8(N0 1).

Finthariasari, M. (2019). Variabel Employee Engagement, Organizational Commitment, Job Embededdness, OCB, & Turnover Intention Pada Karyawan Perbankan Konvensional Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu: Disertasi

Finthariasari, M., Febriansyah, E., & Pramadeka, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat desa Pelangkian melalui edukasi dan literasi keuangan pasar modal menuju masyarakat cerdas berinvestasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1), 291-298

Firdaus, M. M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Analisis Regresi Ibm Spss Statistics Version 26.0. CV. DOTPLUS Publisher. https://books.google.co.id/ books?id=lJ8hEAAAQBAJ

Firmasyah, Muhammad Bahrudin. (2018). Manajemen Keamanan Informasi Di Perpustakaan menggunakan Franemork SNI ISO IEC27001. Media Pustakawan.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hawaroh, N. (2023). Transaksi Layanan Digital Bank Syariah Indonesia Tembus Rp64 Miliar Di Kuartal I 2023. Tribus Bisnis. https://www.tribunnews.com/bisnis/ 2023/04/28/transaksi-layanan-digital-bank-syariah-indonesia-tembus-rp-64-miliar-di-kuartal-i-2023

Iskandar, N. A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Nasabah Bank Syariah Indonesia Menggunakan Layanan Mobile Banking.

Iswati, A. &. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitaif. Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR (AUP).

Laksana, G. B., Astuti, E. S., & Dewantara, R. Y. (2015). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko Dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking( Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia ( Bri ) Kantor Cabang Rembang , Jawa Tengah ). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(2), 1–8.

Kholid, Fernanda Idham, E. D. S. (2018). Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah Dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada Pt Bank Bni Syariah Kcp Magelang. Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah, Vol 8(No 2).

Kurniawan, Margareta Sherly, P. T. A. R. (2022). Teknologi Keuangan Anak Muda. SCU Knowladge Media.

Mukhtisar, M., Tarigan, I. R. R., & Evriyenni, E. (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 3(1), 56. https://doi.org/10.22373 /jihbiz.v3i1.9632

Nasution, Dewi Sartika, & Muhammad Muhajir, (2019). Ekonomi Digital. FEBI UIN Mataram.

Nuryadi, A. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian. Sibuku Media.

Onsardi, O., Finthariasari, M., & Hermawan, D. J. (2021). The influence of human resource management practices on employee outcomes in private and public banking in Indonesia. Rigeo, 11(9).

Pitaloka, Diah Ayu. (2022). Pengaruh Efisiensi, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Masyarakat Di Kota Cirebon).

Rakhmawati, Sherly, I. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking Pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Pembantu Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, Vol 2(no 2).

Wahyudin, U. R. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. CV Budi Utama.

Winarko, B. (2021). Komunitas Pemasaran Terpadu (Edisi Ke 1). CV Amerta Media.

Zakiyyah, A. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Go-Pay. Universitas Islam Indonesia, 1–60.

Downloads

Published

2024-01-31
Abstract viewed = 0 times