PENGARUH PENAMBAHAN SARI BUAH NANAS (ANANAS COMOSUS) TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR LEMAK, DAN KADAR ASAM LAKTAT PADA YOGHURT DENGAN STARTER KOMERSIL

Authors

  • Cheffy Kharisma Akbar Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Suliasih suliasih Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Edwar Suharnas Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Pengaruh Penambahan Sari Buah Nanas (Ananas comosus) Terhadap Kadar Protein, Kadar Lemak, dan Kadar Asam Laktat Pada Yoghurt dengan Starter Komersil. Tujuan dan manfaat Penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh penambahan Sari Buah Nanas (Annas comosus) Terhadap Kadar Protein, Kadar Lemak, dan Kadar Asam Laktat Pada Yoghurt dengan Starter Komersil. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 06 April sampai dengan 17 April 2023 yang bertempat di Laboratrium Pertanian Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan analisa sampel yoghurt yang dilakukann di Laboratorium Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang digunakan A= 0% tanpa sari buah nanas, B= 3% sari buah nanas, C= 6% sari buah nanas, D=9% sari buah nanas. Parameter yang diamati adalah Kadar Protein, Kadar Lemak, Dan Asam Laktat.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh penambahan sari buah nanas (Annas comosus) berpengaruh sangat nyata terhadap Kadar Protein, Kadar Lemak Dan Sam Lakatat. Pemberian sari buah nanas (Annas comosus) dapat digunakan dadam pembuatan yoghurt sampai level 9%.

 

Kata Kunci : Susu, Yoghurt, Nanas dan Biokult.

 

Downloads

Published

2023-08-06
Abstract viewed = 142 times