ANALISIS KEUNGGULAN SEKOLAH DASAR UNGGULAN AISYIYAH REJANG LEBONG

Penulis

  • rifa'i rifa'i Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nurlianti Nurlianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Baroroh Baroroh Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/eltadib.v1i1.1830

Abstrak

Sekolah Dasar Unggulan ‘Aisyiyah (SDUA) adalah sekolah yang didesain sedari awal sebagai sekolah unggul. SDUA adalah salah satu Sekolah Dasar yang dimiliki Muhammadiyah dalam hal ini ‘Aisyiyah sebagai organisasi otonom yang memiliki cita-cita ingin menjadi SDUA sebagai sekolah unggul. Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas, maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah “ apa dan bagaimana SDUA dikatakan sebagai sekolah unggul? Tujuan penelitian  yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah  menganalisis keunggulan Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam menganalisis isi. Hasil penelitian ini adalah bahwa SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan mempunyai keunggulan di bidang akademik, yaitu SD Unggulan ‘Aisyiyah berhasil mendapatkan juara 1 Ujian Nasional tingkat Kabupaten dari awal berdiri sampai sekarang, dari bidang non akademik SD Unggulan ‘Aisyiyah sudah mampu bersaing di tingkat Nasional, Dan sebagai wujud dari Visi SD Unggulan ‘Aisyiyah pada tahun 2016-2019 SD Unggulan ‘Aisyiyah berhasil mendapatkan juara 1 kategori sekolah sehat tingkat Nasional.

Kata kunci : Analisis Sekolah  Unggul

Referensi

https://fadlolymasterteacher.wordpress.com/2011/10/14/uu-no-20-tahun-2003-pasal-3/ (download: 20.22wib, 12 desember 2017)

http://keguruan.umm.ac.id/id/berita/filsafat-pendidikan-muhammadiyah.html

https://www.researchgate.net/publication/315383302_STRATEGI_MENCIPTAKAN_BUDAYA_SEKOLAH_YANG_KONDUSIF_MELALUI_PARADIGMA_SEKOLAH-_SEKOLAH_UNGGUL_MUHAMMADIYAH (download: 06.00wib, 16 desember 2017)

http://yosepmardiana.blogspot.co.id/2012/11/makalah-inovasi-pendidikan.html (download: 10.16wib, 9 desember 2017)

Isma Asmaria Purba dan Ponirin, “Perkembangan Amal Usaha Organisasi Muhammadiyah di Bidang Pendidikan dan Kesehatanâ€, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 1 (2) (2013).

Milana Abdillah Subarkah,†MUHAMMADIYAH DAN AMAL USAHA DI BIDANG PENDIDIKANâ€, Jurnal Rausyan Fikr. Vol.13 No.2 September 2017

Moleong J. Lexy, metodologi penelitian kualitatif, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2014.

Nurhayati Djamas, dinamika pendidikan islam di Indonesia pasca kemerdekaan, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Najamuddin Mulyono “paradigma pendidikan Muhammadiyah†jurnal studi keislaman vol. 1 no. 1 (2016)

Rulam, Memahami Metodologi Penelitian Kualitati, Malang : Universitas Negeri Malang, 2005

Sabar budi raharjo “KONTRIBUSI DELAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR†Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, Nomor 4, (Desember 2014) hlm.471

ST Rajiah Rusydi, “PERAN MUHAMMADIYAH ( KONSEP PENDIDIKAN, USAHA-USAHA DI BIDANG PENDIDIKAN, DAN TOKOH)†Jurnal Tarbawi, Vol. 1, No. 2,

Diterbitkan

2021-03-27

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 163 times