ANALISIS PERBANDINGAN PEMIKIRAN KH.AHMAD DAHLAN DAN KH. HAYSIM ASY’ARI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Penulis

  • Dedy Novriadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Syubli Syubli Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/eltadib.v1i1.1446

Abstrak

Perjalanan sejarah Islam di Indonesia adalah para pemuka kaum muslimin yang berpengaruh terhadap perkembangan dan pemeluknya. Di antara tokoh yang dimaksud adalah KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari, dua figur ulama ini berpengaruh dan memiliki andil yang tidak kecl terhadap perjalanan sejarah Islam di Indonesia, terutama dilihat dari sisi pendidikan.Pengaruhnya dapat dicermati gagasan pemikiran keagamaan dan kiprahnya dalam organisasi kemasyarakatan.KH. Ahmad Dahlan melalui wadah organisasi Muhammadiyah dengan identitasnya sebagai organisasi pemurni Islam dari segala bentuk tahayul, bid’ah,dan khurafat serta bercorak tajdid. Sedangkan KH.Hasyim Asy’ari dengan organisasi Nahdatul Ulama’ yang menampilkan corak sebagai organisasi pemelihara tradisi keagamaan yang sudah mapan sehingga dengan demikian dikatakan sebagai organisasi tradisional. Dalam Aspek kependidikan, di antara keduanya terdapat persamaan dan perbedaan. Persamaannya adalah disamping memilih organisasi sebagai media pengembangan gagasannya, keduanya sama-sama konsisten untuk memajukan umat Islam. Sedangkan perbedaannya, KH. Ahmad Dahlan memilih tajdid sebagai spirit perjuangannya dan tidak terikat pada mazhab dalam menemukan kebenaran agama, melainkan langsung merujuk pada sumber Al Quran dan Sunnah. Sedangkan KH.Hasyim Asy’ari mempertahankan tradisi  keagamaan yang sudah mapan, disamping itu selalu konsisten berpegang pada paham ahlus sunnah wal jama’ah.

Kata Kunci : Pemikiran KH. Ahmad Dahlan,  KH. Hasyim Asy’ari, Pendidikan Islam.

Biografi Penulis

Dedy Novriadi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Fakultas Agama Islam

Referensi

Arifin, H.M. Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta : Bumi Aksara, 2008.

Arifin, MT.Gagasan Pembaharuan Muhammadiyah Dalam Pendidikan, Jakarta: Pustaka Jaya, 1987.

A. Steenbrink, Karel. Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern,Alih Bahasa Oleh Abdurrahman, Jakarta: LP3ES, 1986.

Choirul Fuad Yusuf dan Ahmad Syahid, Pemikiran Pendidikan Islam.Jakarta:Pena Citasatria, 2007.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2007.

Ensiklopedi Islam II .Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1994.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i. Peta Bumi Intelektualitas Islam Di Indonesia. Bandung : Mizan, 1994.

Mulkhan,Abdul Munir.Paradigma Intelektual Muslim, Yogyakarta:Sipress, 1993.

Nata, Abudin Nata. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta :Logos, 1997.

Noer, Deliar. Gerakan Modern Islam di Indonesia. Jakarta: LP3ES, 1996.

Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam,Jakarta: Kalam Mulia, 2009.

Salam, Yunus, Riwayat Hidup KH.Ahmad Dahlan dan Perjuangannya. Jakarta: Depot, Pengajaran Muhammadiyah, 1968.

Shihab, M.Quraish. Membumikan Al Quran; Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 2002.

Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam,Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2006.

Wirjosukarto, Amir Hamzah. Pembaharuan Pendidikan dan Pengajaran Islam. Jember:Mutiara Offset, 1985.

Diterbitkan

2021-02-23

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 3187 times