PENGARUH KONFORMITAS TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
DOI:
https://doi.org/10.36085/jee.v6i1.8433Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh konformitas terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya tahun akademik 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif kausal untuk mengetahui pengaruh variabel independen (bebas) dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini yaitu 44 mahasiswa dari Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya angkatan 2022. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data konformitas dan minat menjadi guru diperoleh dari skor angket penelitian yang telah dilakukan. Hipotesis penelitian dihitung dengan menggunakan rumus pearson product moment dengan hasil penelitian nilai t hitung 25,46 dan nilai t tabel 1,993 maka nilai t hitung > t tabel = 25,46 > 1,993, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh konformitas terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diharapkan mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya mempunyai keahlian konformitas yang baik, lebih menyadari pengaruh lingkungan sosial dalam menentukan pilihan karier, dan lebih mengutamakan minat serta potensi pribadi dalam memilih profesi guru.
Kata Kunci: Konformitas, Minat
References
Bagaskara, M. A. (2019). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Cyberbullying Siswa Sekolah Menengah Atas. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 257–264. Https://Doi.Org/10.30872/Psikoborneo.V7i2.4781
Budiwati, N., Hilmiatussadiah, K. G., & Nuriansyah, F. (2020). Kesiapan Dan Keterserapan Lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi Upi Di Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 2(1), 47–58. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Jpei/Article/View/24918
Cialdini, R. B., & Goldstein, N. J. (2023). Social Influence: Compliance And Conformity. Annual Review Of Psychology, 55(1), 591–621. Https://Doi.Org/10.1146/Annurev.Psych.55.090902.142015
Eka, C., Pelipa, E. D., & Relita, D. T. (2024). Minat Menjadi Guru Dan Prospek Kerja Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurkami), 9(3), 761–774.
Faisal, F. A., Maulani, E., Rusada, A., Wanhar, A., Hidayati, N., & Susanti, E. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Hak Pendidikan Dalam Konteks Kewarganegaraan. Hemat: Journal Of Humanities Education Management Accounting And Transportation, 1(2), 552–556. Https://Doi.Org/10.57235/Hemat.V1i2.2737
Hestiningtyas, W., Nurdiansyah, R. A., & Rizal, Y. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Perkoperasian Terhadap Minat Menjadi Anggota Koperasi Mahasiswa. Journal Of Social Science Education, 3(1), 1–13.
Khoiriyah, N., & Bawono, Y. (2024). Peran Konformitas Dalam Memengaruhi Perencanaan Karir Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(3), 383–394. Https://Journal.Pipuswina.Com/Index.Php/Jippsi/About
Majdina, N. I., Pratikno, B., & Tripena, A. (2024). Penentuan Ukuran Sampel Menggunakan Rumus Bernoulli Dan Slovin: Konsep Dan Aplikasinya. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 16(1), 207–216. Https://Doi.Org/10.20884/1.Jmp.2024.16.1.11230
Matondang, A. (2018). Pengaruh antara Minat dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32.
Rahmania, C., & Ivada, E. (2025). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Dan Minat Karir Terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi. 2(3), 1–13.
Rahmawati, M., & Suryani, L. (N.D.). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Operasi Hitung Menggunakan Alat Peraga Kelas Iv Sdn 51 Sumarambu. 61– 72.
Rahmayanty, D., Triana, F. F., Ananta, G., & Andreani, R. (2023a). Konformitas Teman Sebaya Terhadap Gaya Hidup Di Lingkungan Pertemanan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 212–220. Https://Doi.Org/10.24269/Dpp.V11i1.8498
Rahmayanty, D., Triana, F. F., Ananta, G., & Andreani, R. (2023b). Konformitas Teman Sebaya Terhadap Gaya Hidup Di Lingkungan Pertemanan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 212–220. Https://Doi.Org/10.24269/Dpp.V11i1.8498
Safitri, A., & Sukma, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 3 Menggunakan Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3132–3144. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V4i3.820
Sanjani, M. A. (2020). Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. 0601(June), 35–42.
Sukarno, N. F., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Gaya Hidup Hedonis Pada Siswa Di Sma Pl Don Bosko Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 710–715. Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2018.21702
Sukma, D. A., Stevani, F., & Saputri, E. D. (2022). Faktor Penyebab Tidak Berminatnya Mahasiswa Menjadi Guru Pada Prodi Pendidikan Ekonomi Fpips Ikip Pgri Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 1(1), 1–9.
Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta Uny Press. Trisnaeni, N. N., Maryono, M., & Fuadi, S. I. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pai Fitk Unsiq Wonosobo. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 32– 41. Https://Doi.Org/10.59031/Jkppk.V1i3.118
Tutiana, S., Sulistiana, D., & Istiâ€Tmadah, F. N. (2023). Analisis Konformitas Negatif Kelompok Teman Sebaya Pada Siswa. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 6(3), 250–260. Https://Doi.Org/10.22460/Fokus.V6i3.17687
Vatmawati, S. (2019). Hubungan Konformitas Siswa Dengan Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Universitas Pgri Semarang, 6(1), 55–70. Https://Doi.Org/10.26877/Empati.V6i1.4114
Widya Ulfa, S., Suryani Nasution, A., Hasibuan, A. K., Natasya, A., Budiman, B., Azmi, K., & Nasution, M. (2024). Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran. 2(4), 24–38. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i4.1128