PENGARUH EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 PALEMBANG

Authors

  • Sri Salsabila Universitas Sriwijaya
  • Dwi Hasmidyani Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v6i1.8170

Abstract

Efikasi diri merupakan faktor internal yang berperan penting dalam menentukan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri (self efficacy) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket efikasi diri yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, wawancara efikasi diri, dan dokumentasi nilai hasil belajar ekonomi siswa. Sampel berjumlah 72 siswa yang dipilih melalui teknik sampling non probability yaitu menggunakan teknik sampling total. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa data efikasi diri masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 77,62% hasil belajar ekonomi siswa rerata sebesar 87,73 yang terkategori baik. Analisis data dilakukan dengan uji analisis regresi sederhana untuk mengukur pengaruh antara efikasi diri dengan hasil belajar ekonomi siswa yang di peroleh Y = 84,362 + 0,02285X. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar ekonomi, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,9969. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi efikasi diri siswa, semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh. Implikasi dari penelitian ini menegaskan perlunya penguatan efikasi diri siswa dalam kegiatan pembelajaran, melalui strategi yang mendorong kepercayaan diri dan kemandirian belajar, guna meningkatkan prestasi akademik khususnya dalam bidang ekonomi.

Kata Kunci: Efikasi Diri, Hasil Belajar Ekonomi Siswa

References

Abdullah, K. Jannah, M. Aiman, U. Hasda, S. Fadilla, Z. Taqwin, N. Masita. Ardiawan, K., N. Sari, M., E. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Amrina, D., K., Hasmidyani, D., & Mardetin, E. (2022). Analisis Kebutuhan Instrumen Penilaian High Order Thingking Skill (HOTS) berbantu Aplikasi That Quiz. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi. 6(2), 169-180.

Alfiandri, A. & Hayat, S. (2021). Pengaruh efikasi diri, konsep diri, aktivitas belajar, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Research, 6(2), 123–135.

Aisyah, Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. JURNAL PROFIT, 4(1).

FH, Y., Pratita, D., & Deskoni (2023). Efektivitas Penggunaan Media Interaktif Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 7(2), 583–593

Fadilah, R. N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh efikasi diri siswa terhadap hasil belajar ekonomi dalam pembelajaran daring. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(3), 581–588.

Fahruniza, A., Jaenudin, R., & Hasmidyani, D. (2021). Motivasi belajar sebagai determinan prestasi belajar dalam pembelajaran daring dengan menggunakan elearning. JURNAL PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(2), 75-83

Ifiana, N. (2024). Pengaruh Efikasi DIri Terhadap Hasil Belajar Siswa Yang Dimediasi oleh disiplin diri. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(3), 431-439.

Kusumawati, A., A. (2024). Self regulation dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Empati, 13(3), 242-247

Kurniawati, H., & Liana, C. (2022). Pengaruh efikasi diri (self-efficacy) terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS MAN 1 Bojonegoro. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 12(1), 1–10.

Karmila, L. (2021). Profil Self Efficacy (Efikasi Diri) Siswa dalam Pembelajaran Biologi kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Pekanbaru: FKIP Universitas Islam Riau.

Karmila, N. & Raudhoh, S. (2021). Pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 36 -39.

Koryati, D., Amrina, D. E., Fatimah, S., & Pratita. D. (2020). Menerapkan pembelajaran aktif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar ekonomi peserta didik. Jurnal PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 7(1), 69-83.

Mardetini, E., Hasmidyani, D., & Amrina, D., E. (2023). Pengetahuan Awal Materi Pajak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7 (1), 34-43.

Ramadhon, R., Jaenudin, R., & Fatimah, S. (2017). Pengaruh beasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi universitas sriwijaya. JURNAL PROFIT. 4(2).

Sugiyono. (2020). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sihaloho, L., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2018). Pengaruh efikasi diri (self-efficacy) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Bandung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 62–70.

Downloads

Published

2025-07-07

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times