PENGARUH LIVE STREAMING MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Authors

  • Anita Safitri Rasdik Universitas Sriwijaya
  • Deskoni Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v6i1.8095

Abstract

Live streaming berfungsi sebagai platform yang efektif untuk memperkuat hubungan antara penjual dan konsumen, serta memberikan pengaruh pada tahap akhir proses pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Live Streaming Marketing terhadap keputusan pembelian bagi mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi di Universitas Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2021 dan 2022, baik itu kelas Palembang maupun kelas Indralaya. Sampel diambil dengan menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Sebelum menguji hipotesis, data terlebih dahulu uji prasyarat normalitas data dan hasilnya data berdistribusi normal, untuk mengetahui adanya pengaruh live streaming marketing terhadap keputusan pembelian maka dilakukan uji hipotesis korelasi product moment dengan hasil yang didapatkan 0,677, dengan koefisien detereminan sebesar 45,8%, dan uji t didapatkan thitung > ttabel yaitu 9,852 > 1,998 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, adanya pengaruh live streaming marketing diharapkan dapat memberikan pengalaman pembelian yang lebih informatif, menyenangkan dan meyakinkan dalam mengambil keputusan pembelian dengan bijaksana.

References

Agustina, A. A. (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Melalui Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya.

Agustina, L. (2018). Live Streaming Sebagai Bentuk Perkembangan Fitur Media Sosial. Diakom Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(1):17-23. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i1.16

Alanazi, T. M. (2023). Factors Affecting Customer Online Purchasing Intention in Live Streaming Marketing Context. Migration Letters, 20.

Amada, Y. C. (2024). PENGARUH SOCIAL MEDIA LIVE STREAMING TIKTOK, PERSEPSI HARGA, DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINTIFIC DI BOYOLALI.

Ambiya, K., & Faddila, S. P. (2023). Peran Live Streaming Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Pada aplikasi Tiktok Shop Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2020. Marketgram Journal, 1 No. 2.

Anindasari, A. P., & Tranggono, D. (n.d.). Pengaruh Live Streaming Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Generasi Z Pengikut Akun @skintific_id.

Anisa, Risnawati, R., & Chamidah, N. (2022). Pengaruh Word Of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi

Anjani, R. W. (2023). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.4

Annisa Fitriya, Desinta Nur Kumalasari, A. D. R. (2019). Uji Normalitas. Universitas Muhammadiyah Jember.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2024, February 7). Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia Tahun 2024. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Aziz, U. A. (2017). Analisa Regresi Linier Sederhana.

Azizah, L. (2024). Pengaruh Onile Customer Review Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Interving.

Chen, C. C., & Lin, Y. C. (2018). What drives live-stream usage intention? The perspectives of flow, entertainment, social interaction, and endorsement. Telematics and Informatics, 35(1), 293–303. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.12.003

Christy, S. A., & Hernawan, E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Peran Influencer, dan Fitur Live Streaming Sebagai Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion melalui Aplikasi Tiktok. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 3, No.1. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros

Fathurrohman, D., Netti, N., & Triadinda, D. (2023). The Influence of Live Streaming and Customer Rating on Purchasing Decisions For Kenan Hijab on Tiktok Pengaruh Live Streaming dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Hijab Kenan di Tiktok. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 5).

Izumi, C. F., & Nengsih, M. K. (2024). PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING DAN AFFILIATE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA APLIKASI TIKTOK SHOP.

Jowangkay, G. C. V. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Live Streaming, Dan Onile Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk The Originote Tiktok Shop Di Kota Yogyakarta.

Kang, K., Lu, J., Guo, L., & Li, W. (2021). The dynamic effect of interactivity on customer engagement behavior through tie strength: Evidence from live streaming commerce platforms. International Journal of Information Management, 56. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102251

Nurivananda, S. M. (n.d.). Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Media Sosial Tiktok.

Purwanza, S. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan Kombinasi.

Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1).

Rehatalanit, Y. L. R. (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Universitas Suryadarma jakarta

Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442–452. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2353

Sudirjo, F., Wahyuningsih, D., Wijayanto, G., & Wahyono, D. (2024). Teori Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran.

Sun, Y., Shao, X., Li, X., Guo, Y., & Nie, K. (2019). How live streaming influences purchase intentions in social commerce: An IT affordance perspective. Electronic Commerce Research and Applications, 37.

Valentina, F., Sutianingsih, S., Nurbaiti, A. D., Octaviyani, P. P., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Bhakti, A. (2024). Strategi Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Reviews untuk Mengoptimalkan Keputusan Pembelian Konsumen (Vol. 1, Issue 1).

Xu, X., Wu, J.-H., & Li, Q. (2020). What Drivers Consumer Shopping Behavior In Live Streaming Commerce? Journal of Electronic Commerce Research, VOL 21

Yutama, M. S. (2018). Analisis Strategi Membangun Brand Awareness E-Commerce Shopee Di Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan

Downloads

Published

2025-07-07

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times