PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 8 DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI DI SDN 109 BENGKULU UTARA

Authors

  • indri dwi Universitas Ratu Samban
  • Ade Irma Suryani Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v5i02.7810

Abstract

Kampus mengajar adalah salah satu program dalam MBKM (Merdeka Belajar kampus Merdeka) yang bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa dalam meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah penugasan. Penugasan kampus mengajar angkatan 8 dilaksanakan di SDN 109 bengkulu UTARA, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mahasiswa dalam meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik, metode yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitaif deskriptif, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 di SDN 109 Bengkulu Utara yang berjumlah 2 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil dari pelaksanaan selama kurang lebih empat bulan penugasan menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik. Hasil dari program kampus mengajar memberikan dampak positif bagi peserta didik, mahasiswa kampus mengajar menerapkan program-program yang dapat meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik, seperti mengajar, pengaplikasikan media pembelajaran literasi dan numerasi dan penggunaan media digital.

References

Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data, 1– 15.

Dwi Etika, E., Cindy Pratiwi, S., Megah Purnama Lenti, D., & Rahma Al Maida, D. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi Di Sdn Dawuhan Sengon 2. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 2021.

Hasanah, U., & Aeni, Y. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Upaya Peningkatan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik SMPN 2 Janapria. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 5(2), 88–92.

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.254.

Hikami, N., Shofyatun Nufusita, W., Ibrahim, M., Akrom, M., & Riana, R. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angatan 6 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. KREASI : Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 510–520. https://doi.org/10.58218/kreasi.v3i3.752

Rohmawati, L., & Zevender, P. S. (2024). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Sebagai Usaha Meningkatkan Literasi dan Numerasi. 5(Communnity Development Journal), 8.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041.

Downloads

Published

2025-02-05

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times