PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.36085/jee.v5i02.7617Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di Kelas XI IPS MAN 02 Kepahiang, kedua. Untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa di Kelas XI IPS MAN 02 Kepahiang ketiga Untuk mengetahui adakah pengaruh pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar di Kelas XI IPS MAN 02 Kepahiang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuatitatif. Dengan jumlah responden 56 siswa. variabel dependen perpustakaan sebagai sumber belajar, dan variable dependen prestasi belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket tertutup dengan sekala 5 dan nilai ujian akhir peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik uji instruemn validitas dan realibilitas & teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjkan bahwa Pemanfaatan Perpustakaan sebagai sumber belajar di kelas XI IPS MAN 02 sebanyak 56 peserta didik yang mengisi angket. Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di kelas XI IPS 02 Kepahiang dalam dikategorikan rendah dengan presentase 51, 78 % sebanyak 29 peserta didik dari 56 responden.Prestasi Belajar Siswa dalam penggunaan perpustakaan sebagai sumber belajar sebanyak 56 peserta didik yang diambil sample nilai ujian akhir semester dalam kategori sedang dengan frekuensi sebanyak dengan jumlah presentase 62,5% sebanyak 35 peseta didik dari 56 responden. Dari hasil penghitungan regresi antara variabel X dan Y Dari hasil penghitungan TX memiliki niai sig < 0,05 dan nilai koefisien B > 0 maka pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (hipotesis diterima). dan dari hasil pehitungan uji koefisien determinasi untuk melihat seberapa berpengaruh variable X terhadap Variabel Y. Dari data di dapatkan nilai R squer (koefisien diterminasi) Nilai Adjusted R Square sebesar 0,101 menunjukkan bahwasanya variabel independen (X) dapat menjelaskan variabel dependen (Y) sebesar 10,1% sedangkan sisanya sebesar 89,9% diterangkan oleh faktor lain yang diluar penelitin atau disebut juga Koefisien determinsi.
References
Abidin, S. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Smk Pratidina Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 6(1), 55–70. Https://Doi.Org/10.24252/Jdi.V6i1.6775
Dukungan, H., Terhadap, K., Pasien, M., & Stroke, P. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 4, 1707–1715.
Isnaeni, I. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Internet Dan Perpustakaan Terhadap Kompetensi Profesional Guru IPS SMP Dikabupaten Bantaeng. Universitas Negeri Makassar, I. Https://Scholar.Google.Com/Citations?View_Op=View_Citation&Hl=En&User=7 gbjc1aaaaaj&Pagesize=100&Citation_For_View=7gbjc1aaaaaj:Mazdtakrznsc
Kamulyan, M. S., & Primasari, F. (2016). Implementasi Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 17–30. Https://Doi.Org/10.23917/Ppd.V1i1.1551
M.Reza Rokan. (2017). Manajemen Perpustakaan Sekolah Jurnal Iqra’ Volume 11 No.01 Mei 2017 Manajemen. Advanced Drug Delivery Reviews, 135(January 2006)
Nurhayani, Sudarmiatin, & Sunaryanto. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar IPS Melalui Motivasi Belajar. Journal Of Education, 2(2007), 1443–1449.