PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 21 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/jee.v5i02.7608Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah ( PBL ) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 21 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui metode deskriftif dengan membandingkan motivasi belajar siswa sebelum tindakan siklus 1 tindakan motivasi belajar siswa siklus 2 dan subjek penelitian siswa kelas 7 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian observasi pra siklus dengan motivasi belajar siswa yang cukup meningkat menjadi baik di siklus I, dan sangat baik di siklus II. Hal ini dapat dilihat dari bahwa tidak ada siswa yang memiliki motivasi sangat kurang dan cukup, 8 (26%) siswa yang motivasi belajarnya baik, dan 23 (74%) siswa yang memiliki motivasi belajar sangat baik.
References
Casnan, C., Purnawan, P., Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (2022). Evaluasi Proses
Pembelajaran Dengan Pendekatan Systems Thinking. Scholaria: Jurnal
Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 31–38.
https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p31-38
Fauzi, R. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja
Pegawai Pada Bagian Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di
Samsat Kota Sukabumi. Jurnal Ekonomedia, 10(01), 68–95.
Izzah, S. I. N., & Sukmawati, W. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning
Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS. Ideas: Jurnal
Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 765.
https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.852
JUNAIDI, J. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning
Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Socius, 9(1), 25.
https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767
Kayangan, D. I. K., Imtihani, A., Affandi, L. H., & Tahir, M. (2021). Program Studi
PGSD , FKIP – Universitas Mataram Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar siswa sekolah dasar pada
pandemi Covid 19 di kecamatan Kayangan . Selain itu penelitian ini juga akan
membahas bagaimana guru. 6(1), 13–20.
Lilis Nur Chotimah. (2019). Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11, 75–
Magdalena, I., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., & Claudia Maharani, S.
(2020). Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 1 Sd
Negeri Pangadegan 2. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 376–
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based
Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut
Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888.
Pebriyani, E. P., & Pahlevi, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP Di SMK Negeri
Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP),
(1), 47–55. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p47-55
Pinontoan, M., Pangemanan, C., & Mottoh, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran
Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran
IPS Di Kelas IV SD Inpres Lopana. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 193–
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1734
Purwantari, K. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar
Matematika Dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share (Tps). UNION:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 293–302.
https://doi.org/10.30738/.v4i2.448
Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah
pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10
Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–
https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p246-259
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based
Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75.
https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi
Nasional Kewarganegaraan III P-ISSN 2598-5973, November, 242–248.
Saenab, S., & Muslimin, A. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem based
learning terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas
vii di smp negeri 1 duampanua. 10(2), 12–23.
Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik.
Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75–83.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper
Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).
http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/teori-teori belajar dan
pembelajaran.pdf
Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran
Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan
IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Yuwinda, Ibrahim, M. Y., & Sulistyarini. (2015). Analisis penggunaan metode
mengajar guru pada mata pelajaran sosiologi smas taman mulia sungai raya.
Jurnal FKIP Untan, 2(2), 0–10.