PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 21 KOTA BENGKULU

Authors

  • suharmi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hilyati Milla Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • SELTIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v5i02.7608

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah ( PBL ) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 21 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui metode deskriftif dengan membandingkan motivasi belajar siswa sebelum tindakan siklus 1 tindakan motivasi belajar siswa siklus 2 dan subjek penelitian siswa kelas 7 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian observasi pra siklus dengan motivasi belajar siswa yang cukup meningkat menjadi baik di siklus I, dan sangat baik di siklus II. Hal ini dapat dilihat dari bahwa tidak ada siswa yang memiliki motivasi sangat kurang dan cukup, 8 (26%) siswa yang motivasi belajarnya baik, dan 23 (74%) siswa yang memiliki motivasi belajar sangat baik.

References

Casnan, C., Purnawan, P., Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (2022). Evaluasi Proses

Pembelajaran Dengan Pendekatan Systems Thinking. Scholaria: Jurnal

Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 31–38.

https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p31-38

Fauzi, R. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja

Pegawai Pada Bagian Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di

Samsat Kota Sukabumi. Jurnal Ekonomedia, 10(01), 68–95.

Izzah, S. I. N., & Sukmawati, W. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning

Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS. Ideas: Jurnal

Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 765.

https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.852

JUNAIDI, J. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning

Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Socius, 9(1), 25.

https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767

Kayangan, D. I. K., Imtihani, A., Affandi, L. H., & Tahir, M. (2021). Program Studi

PGSD , FKIP – Universitas Mataram Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk

mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar siswa sekolah dasar pada

pandemi Covid 19 di kecamatan Kayangan . Selain itu penelitian ini juga akan

membahas bagaimana guru. 6(1), 13–20.

Lilis Nur Chotimah. (2019). Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan

dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11, 75–

Magdalena, I., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., & Claudia Maharani, S.

(2020). Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 1 Sd

Negeri Pangadegan 2. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 376–

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based

Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut

Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888.

Pebriyani, E. P., & Pahlevi, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar

Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP Di SMK Negeri

Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP),

(1), 47–55. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p47-55

Pinontoan, M., Pangemanan, C., & Mottoh, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran

Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran

IPS Di Kelas IV SD Inpres Lopana. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 193–

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1734

Purwantari, K. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar

Matematika Dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share (Tps). UNION:

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 293–302.

https://doi.org/10.30738/.v4i2.448

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah

pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10

Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–

https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p246-259

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based

Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75.

https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan

Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi

Nasional Kewarganegaraan III P-ISSN 2598-5973, November, 242–248.

Saenab, S., & Muslimin, A. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem based

learning terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas

vii di smp negeri 1 duampanua. 10(2), 12–23.

Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik.

Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75–83.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper

Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).

http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/teori-teori belajar dan

pembelajaran.pdf

Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran

Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan

IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Yuwinda, Ibrahim, M. Y., & Sulistyarini. (2015). Analisis penggunaan metode

mengajar guru pada mata pelajaran sosiologi smas taman mulia sungai raya.

Jurnal FKIP Untan, 2(2), 0–10.

Downloads

Published

2025-02-05

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 4 times