DAMPAK SISTEM ZONASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SMA N 1 PANGKAH
DOI:
https://doi.org/10.36085/jee.v5i02.7464Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait dengan dampak sistem zonasi
terhadap prestasi belajar pada SMA N 1 Pangkah pada pembelajaran ekonomi yang mencakup
perbedaan prestasi belajar siswa zonasi dan prestasi kemudian dampak dari sistem zonasi
sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan mengumpulkan
data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan antara siswa jalur zonasi dan prestasi dilihat pada prestasi belajar siswa yang
cenderung menurun secara signifikan baik dari aspek kognitif maupun afektif hal ini di
sebabkan oleh rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran sehingga dari segi akademik dan
sikap, tindak dan perilaku juga rendah. Dampak positif sistem zonasi bagi pemerataan akses
pendidikan sekitar SMA Negeri 1 Pangkah. Tingkat diskriminasi juga lebih rendah namun disisi
lain dengan adanya kebijakan sistem zonasi sekolah memperoleh dampak negatif seperti
penurunan tingkat mutu sekolah disebabkan oleh rendahnya prestasi yang di peroleh siswa.
References
Aristo, T. J. V., & Meo, F. I. (2020). Analisis Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru sebagai Pemerataan Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 249–254. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p249
Nurlailiyah, A. (2022). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Perilaku Siswa Smp Di Yogyakarta. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 17(1), 13–22. https://doi.org/10.30762/realita.v17i1.1381
Risna, Lisdahlia, & Edi, S. (2020). Analisis Implementasi Kebijakan Zonasi Dalam Pemerataan Pendidikan. Mappesona, 2(1), 1. https://jurnal.uns.ac.id/candi/article/viewFile/44799/28330
Saharuddin, E., & Khakim, M. S. (2020). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Tingkat Sma Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(3), 424– 438. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/4226
Sebastian, D. R. (2022). Pengaruh Persepsi Siswa Atas Lingkungan dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 5057.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 46. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57
Widyastuti, R. T. (2020). Dampak Pemberlakuan Sistem Zonasi Terhadap Mutu Sekolah Dan Peserta Didik. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.46