ANALISIS PEMAHAMAN GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 08 BENGKULU TENGAH

Authors

  • Zufiyardi Pendidikan Ekonomi FKIP UMB
  • Duharman Pendidikan Ekonomi FKIP UMB
  • Pandan Wangi Pendidikan Ekonomi FKIP UMB

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v5i01.6632

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pemahaman guru mata pelajaran IPS dalam penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 08 Bengkulu Tengah. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka Pada guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 08 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Data diperoleh dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data, teknik yang dilakukan ialah reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan serta verifikasi. Temuan ini membuktikan bahwa: 1) Pemahaman guru Mata Pelajaran IPS dalam penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 08 Bengkulu Tengah dalam menyusun perangkat ajar dan instrumen penilaian sudah dipahami sehingga terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, memberi kebebasan siswa dalam mengembangkan kreatifitasnya. 2) Pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP Negeri 08 Bengkulu Tengah ialah mandiri belajar melalui KKTP yakni penjelasan mengenai kemampuan yang perlu ditunjukkan siswa sebagai indikator pencapaian tujuan pembelajaran.

Kata Kunci: Pemahaman Guru, Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 08 Bengkulu Tengah.

References

Alaika M. Bagus Kurnia PS. 2020. Menyorot Kebijakan Merdeka Belajar.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anggila Wingsi, persepsi guru bidang studi ips dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di smp negeri sekecamatan tanjung kemuning kabupaten kaur, Bengkulu 2022

Big Dhelta Queen Bulqis, persepsi guru terhadap kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam (pai) dan Budi pekerti (bp) di sekolah penggerak smpn 1 kemang bogor, Jakarta 2023

Kemendikbud. 2019. Merdeka Belajar Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar. Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia

Kemendikbud. 2022. Pedoman Penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Jakarta: menteri pendidikan, kebudayaan riset dan teknologi republic Indonesia

Muntahibun Muhammad Nafis, Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2022 Mustaghfiroh Siti. 2020. Konsep Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme

John Dewey, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 1 Muzharifah Athifah, Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka

di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 01 Kedungwuni, Journal of Social Humanities and Education Vol.2, No.2 Juni 2023

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta

Syarifudin, 2023, Analisis Pemahaman Guru Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar, Studi Kasus 5 Madrasah ibtidaiyah (MIN&MIS) Manggarai Barat, Jurnal Edunet. Vol 1.No.1

Wanti Ade, Analisis pemahaman guru terhadap penggunaan teknologi informasi si SMK kabupaten Aceh Barat, Banda Aceh 2019

Widyastuti Ana, Menjadi Sekolah dan Guru Penggerak Merdeka Belajar dan Implementasinya, akarta, PT Elex Media Komputindo, 2022

Downloads

Published

2024-07-10

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 21 times