PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 BENGKULU SELATANN 2 BENGKULU SELATAN

Authors

  • Hilyati Milla Pendidikan Ekonomi FKIP UMB
  • Herwan MDK
  • Ummi Kalsum Pendidikan Ekonomi FKIP UMB
  • Muhamad Agung Andre Pendidikan Ekonomi FKIP UMB

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v5i01.6591

Abstract

Penelitian pembelajaran dengan metode Mind Mapping ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMAN 2 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS 2 SMAN 2 Bengkulu Selatan, yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitianya yaitu materi mata Pelajaran Ekonomi . Alat pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data melalui analisis tes dan analisis hasil observasi. Dari hasil analisa yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan dan derajat kebebasan 31 yang menunjukan bahwa t hitung = 9,48 ≥ t tabel 2,040 artinya terlihat bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping sangat Efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMAN 2 Bengkulu Selatan.

Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar.

References

Aunurrahaman.(2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung Alfabeta. Buzan, Tony. (2007). Buku Pintar Mind Map. Jakarta :Gramedia

Bancin, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak di SMAN 1 Suro Aceh Singkil.

Basri, M., & Lestari, N. . (2019). Strategi Pembelajaran Sejarah (Issue Agustus).

Graha Ilmu.

Beda, E., & Rawe, A. S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Mata Pelajaran Ekonomi Materi Ketenagakerjaan Di Sma Tri Dharma Ende. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 27(2), 635–637.

Husni, M., & Zainuddin. (2018). Memahami Konsep Pemikiran Mind Map Tony Buzan (1970) dalam Realitas Kehidupan Belajar Anak. Al-Ibrah, 3(1), 110– 126.

khoerul ummah. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Di Smp Darussalaf Kabupaten. הארץ, 8.5.2017, 2003– 2005.

Lestari, H. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Mind MappingUntuk Meningkatkan Kemampuan BerfikirKritis Siswa Pada Mata Pelajaran IpsDi Mts Al-Ishlah LumajangTahun Pelajaran 2022/2023.

Margareth, H. (2017). pengertian dan esensiasi konsep evaluasi. Экономика Региона, 32.

Nuraini. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV Min 39 Bukloh Aceh Besar. 1–134.

Rianna, S., Hidayat, N., & Zainal, V. Y. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Peserta Didik Kelas Xi Ips 4 Sma Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stkip Pgri Bandar Lampung, 1–9.

Sakdiah, H. (2018). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ekosistem Siswa Kelas V Min 10 Aceh Besar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta CV.

Syaiful Bahri Djamarah.(2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.

Jakarta:Rineka Cipta.

Trianto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 6.

Windura S. (2013). Ist Mind Map Untuk Siswa,Guru dan Orang Tua. Jakarta:Elex Media Kompetindo.

Basri, M., & Lestari, N. . (2019). Strategi Pembelajaran Sejarah (Issue Agustus). Graha Ilmu.

Sakdiah, H. (2018). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta CV.

Syaiful Bahri Djamarah.(2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.

Downloads

Published

2024-07-09

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 34 times