UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 18 KOTA BENGKULU

Authors

  • Hilyati Milla
  • Sazili
  • Elza Putrika Universitas Muhamadiyah Bengkulu
  • Ummi Kalsum Pendidikan Ekonomi FKIP UMB

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v5i01.6268

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa dan mengetahui upaya yang digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar IPS siswa kelas VIII di SMPN 18 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, yaitu teknik deskriptif kualitatif. Sumber data dari guru IPS dan siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data meliputi proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini dinilai dengan menggunakan pendekatan triangulasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tantangan belajar siswa bersumber dari permasalahan internal, yaitu kurangnya minat belajar dan dorongan belajar. Permasalahan eksternal meliputi beberapa aspek, antara lain lingkungan rumah yang ditandai dengan kurangnya perhatian dan dukungan orang tua terhadap pembelajaran siswa, lingkungan sekolah yang ditandai dengan fasilitas yang kurang memadai, dan lingkungan masyarakat yang dipengaruhi oleh teman sebaya. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan belajar ialah meningkatkan pengelolaan kelas, menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang bervariasi, melakukan evaluasi pembelajaran setiap selesai proses pembelajaran, serta melaksanakan program remedial dan pengayaan secara terus menerus.

Kata Kunci:  Faktor penyebab kesulitan belajar siswa, upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa.

References

Armella, R., & Rifdah, K. M. N. (2022). Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 1(2), 14–27.

Aulia, R., & Wandini, R. R. (2022). Karakteristik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.

Baniarti, I., & Hermanto, F. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 2 Kemusu Boyolali. Sosiolum, 4(2), 90–101.

Damayanti. (2020). Kesulitan-Kesulitan Belajar Pada Peserta Didik Kelas Nonreguler pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 15 Yogyakarta. SOCIAL STUDIES, 9(2). Journal.Student.Uny.Ac.Id, 13(15018), 1–13.

Eko Haryono. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Fikriansyah Dkk. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Ulubelu Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus. 2(1), 73–90.

Gudiño León., A. R., Acuña López., R. J., & Terán Torres., V. G. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Man 3 Magetan. 6.

Iknesya Siskanti, M., Puspita Rini, C., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas Iii Di Sdn Poris Gaga 06 Kota Tangerang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.3

Jerniawan Zega, S. Z. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1349–1358.

Kementerian, W., Provinsi, A., & Tengah, K. (2023). Upaya Peningkatan Kinerja Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah. April.

Kuddus, M. (2019). Strategi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp Islam Tikung Lamongan

Lestari, N. W. D. (2021). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Kelas Viii Di Smp N 3 Sleman. 2.

Nurhasanah, & Satriadi. (2020). Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Pada Siswa Smp Sabilal Akhyar Kwala Gumit. STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai, 5(3), 248–253.

Nurkasanah, A., & Fathurahman, M. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Wanita Pada Materi Haid Bagi Siswi Kelas 4 MI Bahrul Ulum Buluh Krandegan Kebonsari Madiun.

Patricia, C. O. S. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. 3(2),

Reza, V., Snapp, P., Dalam, E., Di, I. M. A., Socialization, A., Cadger, O. F., To, M.,

Cadger, S., Programpadang, R., Hukum, F., Hatta, U. B

Downloads

Published

2024-07-10

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 25 times