PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TEHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS SMKN 4 SIJUNJUNG SUMATERA BARAT

Authors

  • Nuraulia Rafika SMKN 4 Sijunjung Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v4i2.6157

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Pembelajaran Daring serta pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Pemahaman Belajar Siswa Kelas X SMKN 4 Sijunjung Sumatera Barat Mata Pelajaran IPS SMKN 4 Sijunjung Sumatera Barat. Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi. Hasil angket dijelaskan secara deskriptif dengan perhitungan rata-rata dan kuantitatif dengan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata Pembelajaran Daring siswa dengan rata-rata 58,73 pada interval 52 - 67 dengan kategori Cukup dengan presentase sebanyak 70%. Rata-rata Pemahaman Belajar siswa 77,57 berada pada interval 68-83 dengan kategori baik dengan presentase sebanyak 58%. Pembelajaran Daring mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Pemahaman Belajar Siswa Kelas X SMKN 4 Sijunjung Sumatera Barat. Hal ini ditunjukkan melalui koefisien korelasi sebesar 0,830 jika diinterpretasikan dalam bentuk tabel koefisien korelasi termasuk dalam kategori Kuat. Dengan besarnya pengaruh 69% sedangkan sisanya 31% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Pemahaman Belajar

References

Aristo Rahadi. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.

Ary, Donald, Lucy Chese Jacobs, Asghar Razavieh. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan (terj. Arief Furchan). Surabaya : Usaha Nasional.

Azhar Arsyad. 1997. Media Pembelajaran

Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) . 2006 Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdikbud, Bretz, Rudy.

The A Taxonomy of Communication Media. New Jersey : Educational Technology Publications.

Depdiknas. 2003. Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mata Pelajaran Kimia Jakarta : Depdiknas.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di

Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 Halm 55-61. Fey. CNN Indonesia. (n.d.-b). 65 Kampus Kuliah Dari Rumah, Sultan Yogya Ragukan Efektivitas

Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasi onal/20200316110707-20- 483756/65-kampus-kuliah-dari- rumah-sultan-yogya-ragukan- efektivitas. diakses pada Juni 2020.

Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid- 19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.

Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No.1.

Kompas.com. 2020. Bersiap tameng ekonomi untuk dampak wabah corona. https://jeo.kompas.com/bersiap- tameng-ekonomi-untuk-dampak- wabah-corona. diakses pada 13

Mei 2020.Kompasiana. 2020. Pembelajaran daring efektif? https://www.kompasiana.com/arditasyalw a/5e7ba8d6097f36116506b8a2/ pembelajaran-daringefektif. diakses pada 14 Mei 2020.

Kusniyah & Hakim,L . (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17

No.1.

Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1.

Downloads

Published

2024-02-02

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 48 times