MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI LESSON STUDY DI SMPN BENGKULU

Authors

  • Hilyati Milla Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v4i2.6156

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan matan pelajaran yang memberika dasar pemahaman kepada anaka didik untuk mampu mengatasi persoalan sehari hari .Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju siswa dengan kedewasaan  dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat.Di Sekolah Menengah pertama tujan mata pelajaran IPS adalah untuk mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya. Oleh sebab itu dalam pembelajaran IPS diperlukan metoda / model yang lebih membawa siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya .Lesson Study. Lesson Study merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan. Konsep mutuallearning  ( saling belajar ) sesama guru akan membawa guru kearah yang lebih baik karena saling mengisi dan saling berbagi .Manfaat yang dapat diambil Lesson Study, diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study.

Kata Kunci : kualitas pembelajaran , lesson study ,hasil belajar

References

Hendayana, S., dkk. (2006). Lesson Study : suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung UPI Press

Li Mung, LO. (2003). Lesson Study and its Impact on Teacher Development. [online] tersedia http://www.

Roger, M. & Shoemaker F. Floyd. (1971). Communnication of Innovation. New York: The Free Press A Division of Macmillan Publising Co. Inc.

Roger, M. (1983). Diffusion of Inovation. New York : The Free Press A Division of Macmillan Publishing, co. Inc.

Satori, J. dan Syaifudin, U., (2007). Inovasi Pendidikan Dasar. Bandung. SPs UPI.

Downloads

Published

2024-02-02

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 58 times