STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DI TOKO EVI TENGGIRI PULAU BAAI KOTA BENGKULU

Authors

  • Zufiyardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ayudho Selviani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ade Irma Suryani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Novita Sari BR Tambunan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v4i2.6134

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Evi Tenggiri Pulau Baai Kota Bengkulu dan (2) Untuk mengetahui adakah peningkatan pendapatan setelah menerapkan strategi pemasaran.Jenis peenelitian adalah penelitian kualitatif.Sumber data yang digunakan data primer yang didapat langsung dari pemilik Toko Evi Tenggiri dan data sekunder didapat dari penelitian terdahulu, literatur, buku dan laporan pendapatan.Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Pengecekan keabsahan yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh Toko Evi Tenggiri Pulau Baai Kota Bengkulu untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan menerapkan strategi pemasaran antara lain yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat/distribusi (Place/distribution) dan Promosi (Promotions). Semua strategi pemasaran tersebut dapat meningkatkan pendapatan karena pengimplementasian strategi tersebut tepat sehingga keempat strategi yang digunakan saling melengkapi dan memiliki peran masing-masing untuk meningkatkan pendapatan. Peningkatan pendapatan Toko Evi Tenggiri Pulau Baai Kota Bengkulu dalam 5 tahun terakhir karena menerapkan strategi pemasaran, tahun 2018-2019 mengalami kenaikan sebesar Rp 744.230.000,  tahun 2019-2020 terjadi peningkatan sebesar Rp. 980.020.000, di tahun 2020-2021 terjadi peningkatan sebesar Rp. 1.431.300.000 dan di tahun 2021-2022 terjadi peningkatan sebesar Rp. 2.020.490.000.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Meningkatkan Pendapatan.

Downloads

Published

2024-02-02

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 56 times