PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN TATA BOGA BAGI PENYANDANG DISABILITAS MENTAL PADA SENTRA DHARMA GUNA KOTA BENGKULU

Authors

  • M.Ilham Abdullah Program Studi Pendidikan Non Formal FKIP Universitas Bengkulu
  • Muhammad Umar Program Studi Pendidikan Non Formal FKIP Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v4i2.6131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pelaksanaan, kendala, solusi, hasil dan dampak pelatihan Tata Boga bagi Penyandang Disabilitas Mental Pada Sentra Dharma Guna Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan instrument penelitian peneliti itu sendiri. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah pengelola, instruktur dan pendamping peserta pelatihan. Untuk validasi data digunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik. Temuan hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pelatihan berbasis vokasional yang mengedepankan keterampilan dengan durasi waktu 90 Menit dalam teori dan 135 Menit praktik. Dengan metode pelatihan: diskusi, curah pendapat dan prakatik. Kurikulum digunakan Standart Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI). Media pelatihan berupa video pembelajaran melalui YouTube. Evaluasi dilakukaan dengan kuis dan observasi peserta yang hasil akhirnya dimuat dalam raport perkembangan peserta pelatihan penyandang disabilitas mental. Kendala ditemukan berupa tidak stabilnya emosi peserta dan waktu instruktur yang terbatas. Solusi dilakukan dengan diberikan pendamping peserta dan Instruktur menunjuk asisten pengganti dalam pelatihan Tata Boga. Dampak hasil pelatihan: 1) Bertambahnya keterampilan dan pengetahuan peserta dalam pembuatan produk makanan dan minuman sederhana. 2) Adanya perubahan sikap mental peserta menjadi optimis dan tumbuhnya minat berwirausaha peserta penyadang disabilitas mental dalam bentuk kegiatan memasarkan hasil produk olahan makanan (martabak manis, keripik tempe,keripik pisang dan brownis) minuman berupa sirup jahe merah dan jeruk kalamansi.

Kata Kunci : Pelatihan, Tata Boga, Disabilitas Mental.

References

Abdullah, Ilham (2022). Pelatihan KomputerPerkantoran, ProyekKerjasama PKBM Sungai LemaudenganDirektoratKhususdanKemendikbud RI. https://youtu.be/5-QuED_0bno?si=k6V-GiGJthE4R6yV

Abdullah, Ilham (2022)Pelatihan Tata Boga Asistenjurumasak level ll pada kegiatanbelajarmasyarakat PKBM SungaiLemau Bengkulu Tengah,YouTube. Agustus2023,https://youtu.be/5-QuED_0bno

Abdullah, Ilham (2010). KewirausahaanPerempuan: PeningkatanMutuPendidikanMasyarakat. ProyekKerjasamadenganDirektoratPendidikanMasyarakat, KementerianPendidikanNasional. ISBN :978-602-8043-25-7. Kaliwangi OFFSET Yogyakarta.

Anwaliyah, A. (2022). Pelatihan Tata Boga untukmenumbuhkan kemampuan berwirausaha di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK ) Bekas. 7, 1-11.

AniAhdaniah. (2022). Pelatihan Pendidikan Kecakapan HidupMelalui Keterampilan Tata Boga Di PKBMCendikia Cemerlang Kecamatan Parung Panjang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.

Coombs, P. &Sudjana. (2010). Pendidikan LuarSekolah: wawasan, sejarah perkembangan filsafat, teoripendukung, serta asas. Bandung : Falah Production.

Depdiknas. (2023). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional. Depdiknas Jakarta.

Herwina, W. (2021). Analisis Model-Model Pelatihan. Bayfa cendekia Indonesia.

Sugiyono. 2014 MetodePenelitianKualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Syairbani Saleh dkk. (2020). Pendidikan Luar Sekolah. Yogyakarta K Media.

Syamsi, I. (2010). Pendidikan Luar Sekolah sebagai pemberdaya dalam masyarakat (Vol. 14). Diklus journal.uny.ac.id.

Downloads

Published

2024-02-02

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 69 times