PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, ETIKA AUDITOR, DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR INSPEKTORAT KABUPATEN SELUMA

Authors

  • Hernadianto Hernadianto Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Govita Larasakti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v4i1.5358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Kualitas Audit, (2) Pengaruh Etika Auditor terhadap Kualitas Audit, (3) Pengaruh Pengalaman Auditor terhadap Kualitas Audit, (4) Pengaruh Tingkat Pendidikan, Etika Auditor dan Pengalaman Auditor terhadap Kualitas Audit. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 auditor internal yang bekerja pada Inspektorat Kabupaten Seluma. Penelitian ini menggunakan uji coba instrumen penelitian ini diambil dari dalam populasi, yang kemudian hasilnya akan langsung digunakan untuk penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh tingkat pendidikan yang signifikan terhadap kualitas hasil audit, hal ini dapat dilihat dari hasil uji t pada variabel tingkat pendidikan mendapatkan nilai sig a = 0.000< 0,05.Terdapat pengaruh etika auditor terhadap kualitas hasil audit, hal ini dilihat dari hasil uji t pada variabel etika auditor mendapatkan nilai sig a = 0.000 < 0,05. Selanjutnya juga terdapat pengaruh pengalaman auditor terhadap kualitas hasil audit, hal dilihat dari hasil uji t pada variabel pengalaman auditor mendapatkan nilai sig a = 0.000<0,05. Sedangkan pada uji F didapatkan nilai sig sebesar 0.000<0,05, maka dapat di simpulkan bahwa variabel tingkat pendidikan, etika auditor dan pengalaman auditor berpengaruh terhadap kualitas udit pada auditor Inspektorat Kabupaten Seluma

Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Etika Auditor, Pengalaman Auditor, Kualitas Audit

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 133 times