PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI DEPOT OLEH-OLEH ADIJEL KABUPATEN KEPAHIANG
DOI:
https://doi.org/10.36085/jee.v4i1.5353Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan di Depot Oleh-Oleh Adijel Kabupaten Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan regresi linier sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Depot Oleh-Oleh Adijel dengan sampel 42 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan alat analisi IBM SPSS 22. Adapun hasil analisa data menunjukan bahwa strategi pemasaran masuk dalam kategori baik dengan rentang nilai 37-45, sedangkan peningkatan penjualan masuk dalam kategori baik dengan rentang nilai 21-25. Strategi pemasaran memiliki pengaruh terhadap peningkatan penjualan sebesar 56,6% sedangkan sisanya sebesar 43,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Peningkatan Penjualan